Speak Up > Articles > Tengok Berbagai Tradisi Perayaan Paskah di Indonesia
2013-03-22 / POSTED BY Maria Christa I. Kamagi
Tengok Berbagai Tradisi Perayaan Paskah di Indonesia

Hello guys, kali ini Dilicom mau ngomongin hari raya yang identik sama telur dan kelinci. Ada yang tahu? Yap, its Easter! Ga terasa minggu depan umat Nasrani di seluruh dunia bakal ngerayain Paskah, yaitu hari raya yang memperingati kebangkitan Isa Almasih. Untuk menyambut Paskah di tahun ini, Dilicom mau ajak loe lihat berbagai tradisi ngerayain Paskah di Indonesia. Check this out!

 

Pertama, kita pergi ke Kalimantan Tengah. Umat Nasrani di Kalimantan Tengah merayakan Paskah dengan berziarah ke makam keluarga mereka. Uniknya, ziarah ini dilakukan mulai siang hari di Sabtu Suci sampai menjelang subuh di Minggu Paskah. Ziarah yang merupakan akulturasi dengan budaya Belanda ini sering disebut ziarah “Memento Mori” yang berarti “ingatlah akan kematian”. Dari namanya udah terlihat kalo melalui ziarah ini umat Kristiani di Kalimantan Tengah diharapkan selalu ingat akan fase kematian.

 

Next, kita lihat "Semana Santa", tradisi perayaan Paskah di sebuah kota kecil bernama Larantuka, Flores, NTT. "Semana Santa" berlangsung selama kurang lebih satu minggu menjelang Paskah. Kalo diliat-liat tradisi ini mirip sama perayaan Nyepi di Bali. Why? Satu hari menjelang Jumat Agung, warga Larantuka dilarang memasang musik atau bunyi-bunyian lain. Puncak tradisi yang sudah berusia lebih 500 tahun ini adalah perarakan patung Yesus Kristus dan Bunda Maria —dalam bahasa lokal disebut Tuan Ana dan Tuan Ma’— keliling Larantuka.

 

Yang terakhir kita tengok tradisi "Kure" di Noemuti, Timor Tengah Utara, NTT. Prosesi tradisi ini dimulai dengan pembersihan patung Yesus dan Bunda Maria oleh para pemangku adat. Prosesi dilanjutkan dengan penyerahan persembahan ke rumah khusus –dalam bahasa setempat disebut Ume Usineno–. Prosesi ini ditutup dengan membuang sisa hiasan di Ume Usineno ke sungai sebagai tanda pelepasan sial dan dosa.

 

Yoi, udah liat kan gimana uniknya berbagai tradisi ngerayain Paskah di Indonesia? Pastinya loe semua makin bangga jadi anak muda Indonesia! Oh iya, ga lupa Dilicom ucapin selamat menyambut Paskah buat loe semua yang ngerayain! Have a blast!

 

Source and pic:

http://bit.ly/ZQguZL

http://bit.ly/15yge3s

http://bit.ly/XtVbvp

http://bit.ly/10q9Awy