3 Cara Kreatif Lestarikan Budaya Indonesia

Pop Patriotics, apa sih budaya Indonesia yang selalu jadi kebanggaan kalian? Batik? Tarian daerah? Atau kesenian musiknya? Yang pasti sih, sebagai orang Indonesia, kita harusnya bangga karena negara kita punya budaya yang beragam dan banyak jenisnya dari setiap daerah yang berbeda. 

Tapi, Pop Patriotics, kayanya makin kesini kok banyak anak muda yang mulai apatis dan ngelupain budaya kita ya. Selain gara-gara pengaruh barat, tapi juga karena anak mudanya nggak mau mengenal dan nggak mau belajar soal budaya kita sendiri. Penting buat kita tahu sebagai anak muda lho kalau kebudayaan Indonesia tuh harus dan wajib banget buat dijaga, supaya nantinya nggak hilang dimakan zaman.

Sebagai anak muda yang katanya kekinian nih, kita juga masih bisa kok ngelestariin budaya dengan cara kita masing-masing, terutama dengan gaya ala anak muda. Ini 3 cara kekinian ala anak muda buat ngelestariin budaya Indonesia:

  1. Pake outfit etnik ala Indonesia and show your identity

Nunjukin identitas kita sebagai orang Indonesia lewat pakaian emang jadi cara yang peling gampang sih. Kalo ngomong batik mulu, kayanya udah bosen ya? Makanya kalian bisa tampil edgy dengan outfit yang punya sentuhan khas Indonesia juga. Contohnya ya tees keluaran terbaru dari DAMN! I Love Indonesia.

 

2. Update tempat wisata dan kebudayaan dari Indonesia lewat sosial media

Di era sosial media kaya sekarang gini, kita jadi gampang banget buat nyebarin informasi ke banyak orang. Nah, keuntungan itu harusnya kita manfaatin buat ngebanggain budaya kita dari Indonesia. Entah bagaimanapun bentuknya, dengan nunjukkin budaya Indonesia lewat Instagram atau Twitter kalian, secara nggak langsung jadi bentuk bangga kalian sama Indonesia, lho. 

 

3. Mau kenal dan belajar soal budaya Indonesia

Satu yang nggak kalah penting juga buat anak muda, kita juga harus mau mengenal dan belajar soal budaya Indonesia. Caranya gampang kok bisa nonton pertunjukan kesenian atau sekadar berkunjung ke museum. 

Gampang kan, Pop Patriotics?  Nggak sulit kok sebenarnya, asal ada kemauan dan keinginan dari diri kita sendiri. Pokoknya, anak muda Indonesia udah nggak boleh lagi apatis sama kebudayaan sendiri. Jangan sampe kalo nanti kebudayaan kita diklaim sama negara lain, baru deh kita koar-koar disana sini. Pop Patriotics, be proud for where you came from, for your really roots are. 

Comments

Recomended Articles