5 Istilah dalam Dunia Fashion yang Banyak Belum Diketahui

Pop Patriotics, siapa nih di antara kalian yang ngaku sebagai fashionista dan ngaku paling ngerti soal dunia fashion? Di dunia fashion, banyak istilah yang ketika kita baca dan denger, kok kayany asing dan rasanya sulit buat diterjemahin ke Bahasa Indonesia. 

Nah, buat yang mau tau lebih dalam soal dunia fashion dan mengenal istilah-istilahnya, ini 5 istilah dalam dunia fashion yang harus kalian tau sebelum ngaku jadi seorang fashionista.

 

  1. Chic

Istilah Chic di dunia fashion ternyata berasal dari kata Prancis yang artinya keterampilan dan keanggunan. Dalam arti lainnya, Chic Fashion ini ngejadiin seseorang jadi stylish tanpa jadi budak fashion dan budak trend. Apa maksudnya? Maksudnya ya jadi seseorang tetep bisa jadi modis tanpa harus terikat dan nggak ngikutin tren kaya kebanyakan orang di zaman itu. Seseorang bisa dibilang sebagai fashion chic kalo punya selera yang nggak terikat, tapi selalu bisa jadiin gayanya modern sekaligus unik. 

 

2. Capsule Wardrobe

Nah, kalo istilah yang satu ini ternyata dicetusin sama seorang pemilik butik di London, Inggris yang bernama Susie Faux di tahun 70-1n. Nah, di tahun 1985, fashion designer asal Amerika, Donna Karan, yang memopulerkan capsule wardrobe dengan ngeluarin capsule collection yang dikasih nama Seven Easy Pieces Collection. Sebenernya, buat punya capsule wardrobe, nggak perlu budget besar soalnya tujuannya sendiri tuh buat ciptain banyak look dengan hanya beberapa item baju yang sama. Secara nggak langsung, kalian juga bisa makin stylish dan ahli soal mix-and-match pakaian. 

 

 

3. Fashion Faux Pas

Fashion Faux Pas dipopulerkan oleh Louis XIV. Dalam Bahasa Prancis, kata Faux Pas sendiri artinya 'melenceng' yang artinya seseorang yang ngikutin fashion ini bakal punya penampilan yang nggak sesuai dengan dress code atau tren mode yang lagi populer. Kalau ini sih cocok banget buat kalian yang nyalinya gede, nggak gampang malu dan pengen tampil stand out. Siapa nih yang berani coba? 

 

4. Pret-a-Porter

Dalam bahasa Indonesia, Pret-a-Porter lebih dikenal sebagai istilah ‘siap pakai’ atau Ready to Wear (RTW). Istilah ini dipake buat ngejelasin size pasti kaya S, M, L, XL dan lainnya. 

 

5. Fashion Editrix

 

Editrix yang diambil dari perpaduan kata dalam bahasa inggris yaitu Editor dan Dominatrix. Nah, biasanya panggilan ini ditujukan buat editor majalah fashion yang sudah berada di posisi pimpinan senior, di mana mereka udah berhasil ngebawa pengaruh besar buat industri mode dunialah yang dijuluki dengan istilah fashion editrix. Fashion editrix ternyata selalu punya hot topic yang selalu bisa jadi bahasan dan perhatian khusus di kalangan designer. Salah satunya, Anna Wintour sebagai Editor-in-Chief majalah Vogue USA sejak tahun 1988.

 

Nah, itu dia istilah di dunia fashion yang mungkin banyak belum diketahui. Sebenernya masih banyak lagi istilah dalam dunia fashion yang perlu diketahui sebelum kalian klaim diri kalian sebagai fashionista. Fashion nggak selalu soal barang branded dan mahal, it’s all about the taste to feel the fashion inside you. 

Comments

Recomended Articles