5 Kota Kuliner Wajib saat Jelajahi Indonesia

Pop Patriotics, apa sih yang biasanya jadi tujuan kalian ketika berlibur ke suatu tempat yang baru? Selain tempat wisatanya yang menarik, salah satu hal yang jadi tujuan utama ketika berlibur pasti tempat makannya.

Makanan emang selalu punya daya tarik tersendiri buat banyak orang ketika menentukan tujuan buat liburan.

Makanan khas dari setiap daerah yang berbeda juga mungkin liburan kita semakin menarik, kan? Setiap daerah pasti punya hidangan yang mewakili ciri khasnya sekaligus sebagai warisan turun-temurun dari generasi ke generasi. Nah kalo kalian berencana liburan dalam waktu dekat ada banyak lho destinasi wisata kuliner Indonesia yang menarik banget buat dijelajahi. Mau tau apa aja? Baca artikelnya sampe habis, yaaa…

 

  1. Medan

Kota destinasi wisata kuliner Indonesia yang bakalan kita bahas pertama adalah Medan. Nah, buat kalian orang Medan pasti nggak asing kan sama makanan kayak mie gomak yaitu hidangan mie khas Medan yang bentuknya mie nya besar-besar dan biasanya disajikan bersama kuah lontong atau dengan bumbu kacang. Wah, ternyata mie ini cuma dibuat di Sumatera Utara. Nah, buat kalian yang pengen coba, mampir deh ke daerah pasar Bali ketika kalian pergi ke Medan.

 

2. Surabaya

Jadi kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta, kota Surabaya ternyata juga punya banyak kuliner legendaris yang wajib dicoba, lho guys. Sebagai salah satu destinasi wisata kuliner Indonesia, ketika kalian berkunjung ke Surabaya kalian bisa coba beberapa makanan enak kayak pakai Sate Klopo yaitu daging ayam yang ditusuk pakai bambu dan dibakar hingga agak gosong dan disajikan dengan bumbu kacang atau kecap.

 Selain itu, salah satu kuliner lainnya yang wajib dicoba juga ketika ada di Surabaya adalah es krim Zangrandi, salah satu hidangan es krim tertua di Surabaya sejak tahun 1930.

 


3. Bandung

Kalo ngomong soal Bandung, kayaknya udah nggak perlu diragukan lagi deh soal makanan-makanannya yang super enak. Bandung aja kalau hari libur dipenuhin sama orang Jakarta yang berburu makanan di sana. Bandung juga nggak melulu soal siomay atau batagor, masih banyak makanan lainnya kaya nasi tutug oncom yang berupa olahan nasi bakar dengan bumbu oncom dan disajikan bersama sambal, lalapan, dan ayam goreng. Nah, kalo kalian pengen nyoba makanan pinggir jalan yang murah tapi enak kalian bisa coba kayak cimol, cilok, cireng yang rasanya pasti beda kaya di tempat lain.

 

  1. Yogyakarta

Salah satu hidangan yang paling identik sama kota Yogyakarta adalah Gudeg. Sayur gudeg adalah sayur nangka muda yang dimasak berjam-jam dengan santan dengan rasa yang manis dan biasanya disajikan bersama telur rebus, ayam santan dan sambal krecek. Nah, nnggak cuma itu, kota Yogyakarta juga identik sama makanan pinggiran yang biasa disebut sebagai angkringan. Angkringan biasanya nyajiin nasi kucing dan berbagai macem lauk pauk beserta sate-satean yang pasti murah meriah tapi rasanya enak banget.

 

  1. Makassar

Kalo kalian pengen nyobain jenis makanan yang berbeda, yang enggak melulu dari pulau Jawa, kalian bisa coba ke Makassar buat nyobain kuliner khas Indonesia bagian timur. Buat yang belom tau, Makassar ternyata punya banyak banget kuliner yang enak, yang ciri khasnya kaya banget akan rempahnya. Salah satu khasnya Coto Makassar, yaitu sop daging kuah kental yang berisikan konro berupa daging sapi yang direbus dalam kuah rempah kayu manis. Kalo makan coto makassar cocoknya sama nasi putih hangat. Nggak kebayang deh kalo makannya pas lagi hujan-hujan, anget-anget gimana gitu. Kalo buat dessertnya, jangan lupa buat nyobain es palu butung yaitu pisang manis yang dibungkus oleh adonan berwarna hijau dan disajiin sama bubur sumsum. Walaupun mungkin banyak yang jual juga dimana-mana, pasti di sana rasanya bakalan beda.



Nah, itu dia beberapa kota yang punya makanan khas daerahnya yang super enak banget dan wajib buat dicobain ketika kalian berkunjung ke sana. Kota apa lagi sih yang menurut kalian bener-bener punya makanan khas yang enak banget dan nggak bisa ditemui di tempat lain? Komen di bawah ya atau kalian bisa juga mention kita di Instagram @_damniloveindo.



Comments