5 Tips Produktif Walau Harus Kerja dari Rumah

Pop Patriotics, seiring berkembangnya Virus Corona, pemerintah sekarang udah nerapin aturan-aturan yang mengimbau supaya masyarakat tetap di rumah. Nah, maka dari itu, beberapa kantor pun udah mulai nerapin sistem work from home. Work from home atau bekerja dari rumah bertujuan untuk mengurangi kontak dekat antara banyak orang, demi mencegah penyebaran virus COVID-19. 

Apa kalian salah satu yang mengalami kebijakan work from home? Eits, walaupun harus kerja dari rumah, kita tetap harus produktif dong. Yah, walaupun mungkin kondisinya nggak se-kondusif di kantor, kita tetep harus bisa punya cara biar tetep bisa kerja secara maksimal. Ini dia 5 tips yang cocok banget buat kalian yang hari ini mulai bekerja dari rumah: 

  1. Tetap lakukan rutinitas seperti biasa

Bukan karena kalian ada di rumah dan nggak pergi ke kantor, bukan artinya bahwa kalian bisa melewatkan kegiatan rutin kalian setiap hari. Usahakan buat tetap bangun tidur seperti hari kerja biasanya, tetap mandi supaya lebih fresh untuk kerja. Oiya, jangan lupa pake baju yang proper juga. Jangan pake piyama walaupun cuma di rumah, baju juga bisa mempengaruhi kinerja kita, lho. Semuanya emang terdengar sistematis sih, tapi secara nggak langsung, persiapan ini bakal ngebantu kalian buat bersiap-siap bekerja, walaupun cuma dari rumah. 

  1. Bikin ruang kerja kalian sendiri

Ngerti sih kalo rasanya badan pengen tetep di kasur dan tiduran, tapi mau gimana lagi, tetep harus produktif dong walau cuma dari rumah. Makanya, biar kerjanya terasa lebih enak, bikin ruang kerja kalian sendiri. Cari spot yang enak, dengan meja kerja yang sesuai juga. Selain bikin suasana “kaya di kantor”, dengan pake meja kerja kaya gitu, kan bikin kita jadi duduk dengan postur yang bagus juga. Instead of bringing our laptop to the bed. 

  1. Tapi, jangan cuma duduk seharian juga

Sebenernya, ini berlaku buat bekerja dari mana aja sih. Duduk seharian kan nggak sehat juga, mau di rumah ataupun di kantor. Sebagai alternatif, kalian bisa cari meja yang lebih tinggi, kalo kalian nggak masalah buat bekerja sambil berdiri. Atau selagi di rumah, kasih jeda waktu buat olahraga sebentar atau tinggalin laptop kalian sebentar di jam makan siang. Kalo mungkin biasanya kalian terbiasa buat makan di meja kantor, mungkin ini waktu yang tepat buat kalian makan di tempat yang seharusnya. Itung-itung kan biar nggak stuck di laptop terus juga…

  1. Cari Udara Segar

Berhubung imbauan yang beredar menyarankan buat membatasi kontak dengan banyak orang, makanya kalian pasti bakal banyak ada di dalem ruangan. Maka dari itu, jangan lupa buat buka jendela kalian, dan hirup banyak udara segar. Jangan terus-terusan berada di ruangan ber-AC, biar kondisi tubuh kalian juga tetap sehat. 

  1. Terus koordinasi dengan teman sekantor

Kalo kalian terbiasa bekerja dalam tim, pastikan untuk keep being updated soal informasi terkini. Selain untuk tetap menjalankan tugas pekerjaan dengan baik, being connected to your colleagues keep you away from being lonely. Thanks to technology yang udah bisa bikin kita tetep connected sama orang lain walau berjauhan. 

Nah, Pop Patriotics, we know that it won’t be easy. Tapi, yakin kalo ini semua bakal berlalu. Keep being productive, keep being positive. Dan pastinya, tetap jaga kebersihan diri serta kesehatan biar kita bisa hempaskan semua virus-virus ini. We’re going through this together. 

 

Comments

Recomended Articles