Semua Berhak Jadi Kreatif

Pop Patriotics, apa sih yang ada di pikiran kalian kalo denger kata kreatif? Apa kata kreatif cuma identik sama seniman? Penari, pelukis ataupun pemusik. Orang-orang yang berkecimpung dengan keindahan dan seni.Selain mereka, mungkin kita akan kepikiran juga sama orang-orang yang menciptakan sesuatu, mungkin Steve Jobs atau Nadiem Makarim dari dalam negeri. Inovasi-inovasi buatan mereka bener-bener jadi terobosan baru di dunia dan secara nggak langsung juga udah bisa bikin industry baru.

Tapi ternyata nggak juga, lho. Semua orang juga berhak dan bisa jadi kreatif. Kalo sebagian dari kita mikir kalo ‘kreatifitas’ itu cuma milik sebagian orang, itu salah besar. Menurut sebuah riset dari University of Connecticut, semua orang itu kreatif, hanya saja beda cara bagi tiap orang untuk menghasilkan sesuatu yang kreatif. Nggak cuma itu, ternyata semua pekerjaan juga butuh kekreatifitasan lho, guys. 

Jadi seorang pemimpin di sebuah pekerjaan harus bisa jadi orang yang kreatif. Bikin inovas-inovasi baru, atau mikir gimana caranya bisa akrab sama pegawai, itu semua juga butuh kekreatifitasan lho. Selain itu, ketika harus memecahkan masalah. It also requires us to think creatively. Apalagi, untuk masalah besar yang melibatkan orang banyak, kan pasti butuh rencana yang bener-bener mateng buat nyelesaiinnya. Dan, itu juga butuh kreatifitas. 

Ide-ide gila emang kadang dibutuhin sih, dalam pekerjaan apapun. Buat kalian anak muda, jangan ragu dan jangan takut buat terus keluarin ide-ide gila kalian. Siapa yang tau kalo mungkin itu bisa jadi inovasi besar nantinya, kan? Terus berpikir secara kritis, kreatif dan juga inovatif. Jangan mau terus-terusan ngikutin tren, kebawa arus modern yang bikin kalian nggak jadi diri sendiri. 

Mungkin, ide kreatif nggak selalu muncul di pikiran. And, it’s okay. Yang paling penting jangan berhenti buat terus gali potensi yang kalian punya, jangan berhenti buat bercita-cita setinggi-tingginya dan jangan berhenti buat bilang ‘I CAN DO THIS’

Comments

Recomended Articles