Akhir Tahun, Udah Ngapain Aja?

Pop Patriotics, nggak kerasa udah bulan Desember aja ya? Nggak lama lagi udah mau tahun baru dan masuk 2020. Kalo udah mau tahun baru gini, apa sih yang kebanyakan orang omongin? Pasti salah satunya resolusi, kan? Nah, sebelum kita bikin resolusi buat tahun depan, it’s better for us to reflect of what we’ve done in this year. Iya, kan? Biar resolusi tahun depan juga lebih jelas arahnya mau kemana kalo kita udah tau tentang apa yang udah kita capai selama tahun ini. Sebenernya ada beberapa aspek yang harus kalian refleksiin sebelum masuk ke tahun yang baru.

Pertama, dalam aspek pekerjaan atau studi. Buat yang masih sekolah atau kuliah, gimana nih prestasi kalian? Apa masih gitu-gitu aja dari awal tahun? Yakin kalo tahun depan juga masih mau segitu-gitu aja? Terus, kalo yang udah kerja, apa kalian udah achieve target kalian tahun ini? Atau masih terus-terusan ngerjain hal yang sama kaya tahun-tahun sebelumnya? Kalo kalian ngerasa belom punya progress di tahun ini, it means that you need to move forward.

Kedua, dalam aspek sosial. Coba inget-inget lagi deh tentang quality time kalian sama orang-orang terdekat. Teman, keluarga, sahabat, pacar atau siapapun itu. Mungkin selama ini kalian terlalu sibuk kerja atau belajar, sampe-sampe lupa buat ngeluangin waktu sama orang-orang terdekat di sekitar kalian. Kalo emang kalian ngerasa gitu, usahain buat luangin waktu lebih banyak lagi di tahun depan. There are no such things as ‘too busy’, as long as you make them your ‘priority’.

Nah, yang ketiga dan nggak kalah penting juga nih. Have you done good deeds? Banyak orang yang suka ngelupain hal yang satu ini. Amal, sedekah atau sekadar ngelakuin hal baik ke orang lain yang kita nggak kenal. Semua hal yang kita dapetin selama tahun ini kan sebenernya bukan punya kita sendiri aja, ada baiknya buat kita selalu ngebagi kebahagiaan kita ke oraang-orang yang lebih membutuhkan. Kalo emang kalian ngerasa belom ngelakuin hal ini di tahun 2019, hope that you’ll do more in next year.

Nah, dari ketiga aspek itu dulu aja, kalian udah mulai harus refleksiin diri kalian biar makin gampang juga buat nyusun resolusi tahun depan. Kalo kalian ujug-ujug langsung bikin resolusi tanpa refleksi diri dulu, yang ada resolusinya cuma numpuk dari tahun ke tahun. Well, take your time to reflect on yourself and be prepare for being a better version of yourself in next year!

Comments

Recomended Articles