Anti Bullying Bullying Club

Pop Patriotics, pasti banyak kan dari kalian yang udah pernah denger cerita-cerita bullying yang akhir-akhir ini banyak terjadi? Atau mungkin kalian udah pernah ngeliat secara langsung kejadian bully di sekitar kalian? Atau mungkin juga ternyata kalian adalah pelaku bully tanpa disadari?

Sebelum dibahas lebih jauh, sebelumnya kalian udah tau belum definisi dari bullying itu sendiri? Biar jelas, definisi bullying adalah tindakan di mana satu orang atau lebih mencoba untuk menyakiti atau mengontrol orang lain dengan cara kekerasan. Kalau dulu mungkin bullying lebih cenderung ke arah fisik, tapi makin kesini, definisi bullying jadi makin luas. Nggak melulu soal kekerasan fisik tapi juga secara verbal atau lewat kata-kata, atau bahkan yang banyak kejadian akhir-akhir ini tuh cyberbullying, dimana bullying dilakukan secara online. Jadi ternyata, bullying nggak cuma dilakukan ke orangnya langsung tapi juga bisa lewat social media platforms kaya Instagram, Twitter dan lainnya. 

Sejujurnya, bullying is not cool at all guys. Kadang, orang ngebully orang lain cuma biar mendapat pengakuan kalo dirinya itu keren dan lebih dari orang yang dibully itu. What does it means? It means that they are actually just insecure. Iya, mereka cuma insecure sampe-sampe ngerasa harus cari cara biar diri mereka terlihat keren. Padahal? Nggak sama sekali. 

 

Bullying mungkin aja kita lakuin sekali dua kalii, tapi buat orang yang nerima perlakuan bullying? Surely it feels like hell. Mereka mungkin jadi nggak bisa berpotensi maksimal di diri mereka, nggak bisa semangat buat sekolah atau parahnya lagi bisa jadi mereka depresi terus akhirnya sampe bunuh diri. Banyak kan artis yang akhirnya bunuh diri karena depresi dibully? Padahal, they are a famous star gitu lho, kita pasti mikir mereka selalu happy dengan semua harta yang mereka punya padahal sebenernya enggak. 

Kebayang kan dampaknya kalo bullying itu terus jadi jamur yang nggak bisa hilang dari kelompok sosial masyarakat? It will become worst and worst. 

So, what should we do? Kalo kita ngeliat ada tindakan bullying di sekitar kita, selama kita masih mampu dan bisa, kita harus coba pisahin antar pelaku dan korban. Ini buat mencegah perlakuan bullying terjadi lebih lama lagi. Tapi kalo kalian ngga bisa misahin, lapor ke pihak yang berwenang di situ. Kalau di sekolah ya ke guru, kalau di kampus ya ke dosen dan seterusnya. 

Then, what should we do if we are the victim? Berani, itu satu hal yang harus kalian selalu lakuin kalo kalian jadi korban bullying. Jangan mau ditindas dan coba lawan sebisa kalian tanpa harus ngebales dengan kekerasan juga lho ya. Tapi kalo kalian ngerasa nggak sanggup juga, kalian bisa lapor ke pihak berwenang juga kaya guru atau dosen tadi. 

So, Pop Patriotics, what do you think about bullying? Do you think that bullying could be eliminated as much as possible in Indonesia? Drop your thoughts below through our comments section or you can share with us through our Instagram account @_damniloveindo.

 

Comments