Apa cerita di balik Valentine's Day?

Pop Patriotics, siapa nih yang udah so sweet-so sweetan sama pacarnya? Mumpung lagi Valentine's Day, siapa yang udah ngungkapin perasaan sayangnya nih? Eh, ngungkapin perasaan sayang nggak harus pas Valentine's Day kok. Every day can be your Valentine's Day kok.

 

Valentine's Day biasanya identik dengan ngasih hadiah kaya coklat, bunga ataupun barang romantis ke orang tersayang, biasanya sih identik ke pasangan kaya pacar atau istri dan suami. 

 

Kaya yang kita tau, perayaan Valentine's Day sempet menuai kontroversi juga lho di Indonesia. Ada beberapa orang yang berpendapat kalo perayaan Valentine's Day tuh nggak sesuai sama ajaran agama dan kepercayaan mereka. Sebenernya, itu hak setiap orang sih mau percaya atau nggak. Sah-sah aja kalo mereka nggak mau ngerayain Valentine's Day, yang jadi nggak bener itu kalo udah mulai maksain pendapat mereka ke orang lain. 

 

But, anyway kalian tau nggak sih sejarah dari Valentine's Day? 

 

Zaman dulu, Kaisar Claudius II ngelarang orang buat nikah. Alasannya, gara-gara di zaman itu, para pria wajib ikut militer dan bakal dikirim buat perang. Nah, aturan itu dibuat biar mereka nggak perlu mikirin keluarganya. 

 

Ngeliat aturan yang dibuat sama Kaisar Claudius II, Santo Valentine ngeliat kondisi pelik itu dan ngambil langkah berani. Secara diam-diam, Santo Valetine menikahi salah satu penduduk Roma. Eh, ternyata perbuatan itu diketahuin sama Kaisar Claudius II. 

 

Gara-gara hal itu, Santo Valentine ditangkap. Dia ditahan di penjara sebelum akhirnya dijatuhi hukuman mati. Sebelum dipenggal kepalanya sama Kaisar Claudius II, Santo Valentine sempet nulis surat di tanggal 14 Februari. Di dalem surat itu, dia nulis selamat tinggal sama putri dari kepala penjara yang bikin Santo Valentine jatuh hati. 

 

From Your Valentine, itu isi salam terakhir dari Santo Valentine kepada gadis tersebut.

Kisah ini yang jadi awal mula orang-orang mengucapkan Selamat Valentine setiap tanggal 14 Februari.

 

Nah, itu dia sejarah dari Valentine's Day yang selama ini kita rayain tapi mungkin masih belum tau tentang kisah dibaliknya. 

 

Tapi sebenernya, setiap hari bisa jadi our own Valentine's Day, kok. Setiap hari, bisa kita jadiin waktu buat ngungkapin perasaan sayang kita. Love is just a word until someone comes along and gives it meaning (Paulo Coelho). So, start show your love to others because some people need to be assured that they are loved.

 

Comments

Recomended Articles