Bangganya Punya Warisan Budaya yang Mendunia

Pop Patriotics, pasti udah pada tau dong kalo budaya Indonesia itu beragam banget? Selain karena wilayahnya yang luas, banyaknya jenis suku juga bikin budaya asli Indonesia jadi beragam banget. Bahkan, Indonesia sendiri tercatat sebagai saah satu negara paling kaya akan ragam budaya di dunia, lho guys. 

Beberapa budaya Indonesia juga udah diakuin sama dunia dan sudah tercatat oleh UNESCO. Bahkan, nggak sedikit lho, warga negara asing (WNA) yang tertarik dengan kekayaan budaya Indonesia dan nggak segan-segan buat ngeluarin banyak biaya untuk tinggal di Indonesia demi bisa belajar budaya yang dikaguminya ini. Nggak cuma itu, bahkan banyak juga udah diberitain kalo ada beberapa budaya Indonesia dan juga bahasa Indonesia, yang jadi bahan dan pelajaran wajib di beberapa sekolah di luar negeri. 

Kalo udah tau gitu, apa ada alasan lain lagi buat nggak bangga jadi warga negara Indonesia? Nggak cuma bangga aja, sebagai warga Indonesia, kita juga sudah seharusnya mewarisi budaya dengan cara mempelajarinya. Masa sebagai warga lokal, kita malah kalah sama orang asing yang justru lebih menghargainya. Nah, biar makin bangga, kalian juga perlu tau nih beberapa budaya Indonesia yang udah mendunia.

  1. Wayang 

Siapa sih yang nggak tau soal wayang? Wayang adalah seni pertunjukan yang dikendalikan oleh seorang dalang. Nah, biasanya pertunjukan wayang diiringi sama musik gamelan dan suara merdu dari seorang pesinden. Cerita yang biasanya dibawa sama si dalang, berkisar tentang kisah para punakawan seperti Petruk, Semar, bagong, dan Gareng.

Wayang sendiri udah diakuin sama UNESCO sebagai warisan budaya dari bangsa Indonesia pada tahun 2003. Pengakuan dari UNESCO akhirnya bikin wayang lebih dikenal luas oleh masyarakat dunia. Bahkan sekarang ini udah banyak orang asing yang ikut mempelajari kesenian yang asalnya dari tanah Jawa ini, biasanya para Wara Negara Asing (WNA) yang tertarik dengan kesenian ini akan tinggal di daerah tertentu dan kemudian menuntut ilmu kesenian wayang sebagai mahasiswa atau langsung pada seorang dalang terkenal dan capable di bidangnya. 

 

 

 

 

2. Angklung

Kalau angklung, alat musik kesenian tradisional dari Jawa Barat bernada ganda yang dimainkan dengan cara digoyangkan. Sama kaya wayang, angklung juga udah diakui sama UNESCO dan dapet pengakuan resmi sebagai bagian dari World Heritage pada 19 Januari 2011. Selain jadi warisan budaya alat musik Indonesia yang digemari oleh masyarakat Indonesia, ternyata angklung juga udah berhasil jadi favorit masyarakat luar negeri kaya Korea, Jepang dan Malaysia. Bahkan, beberapa sekolah juga udah ngajarin alat musik angkung di negara-negara itu.

 

 

 

3. Keris

Nah, kalau yang satu ini merupakan senjata tradisional asli Indonesia, yang diyakini sema sebagian orang punya kekuatan magis atau supranatural. 

Keris biasanya dipake sama anggota kerajaan sebagai senjata pusaka yang dituakan. Keris sendiri udah banyak dipake di Indonesia sejak abad ke-9. Keris biasanya terbuat dari logam berkualitas. 

Sama kaya wayang dan angklung, UNESCO juga udah ngakuin keris sebagai “Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity” pada tanggal 25 November 2005.

 

 

Sebenernya, masih banyak lagi lho budaya asli Indonesia yang udah diakuin dunia kaya Tari Saman, Reog Ponorogo, Tari Kecak, Tari Barong, Sendratari Ramayana dan lainnya. Semakin dikenal sama dunia, harusnya bikin kita sebagai warga Indonesia lebih punya “rasa memiliki” dan kebanggaan sebagai warga negara Indonesia. Buat kalian yang katanya anak muda, nggak seharusnya ngerasa malu buat ngelestariin budaya Indonesia. Lagian, kalo nggak dijaga, lama-lama budaya kita bisa hilang, lho. Nanti, giliran udah diakui sama negara lain, kita cuma bisa koar-koar di sosmed. Jadi, jangan sampe budaya kita yang kaya ini diakui sama yang lain ya. 

Comments

Recomended Articles