Brodo, Berawal dari Masalah Pribadi Berujung Bisnis Menjanjikan

Brodo, sebuah brand fashion pria asal Bandung yang sukses jadi primadona aksesori pria terutama sepatu. Nama Brodo sendiri diambil dari Bahasa Italia yang artinya kaldu ayam. Pemilik sekaligus pendiri Brodo mengaku bahwa nama itu muncul begitu saja dalam pikirannya saat menentukan nama untuk brandnya. Brand yang berdiri sejak 2010 ini diprakarsai oleh Muhammad Yukka Harlanda dan Putera Dwi Karunia dan bermula dari masalah pribadinya.

Masalah pribadi yang dimaksud adalah kesulitan Yukka yang mencari sepatu formal untuk ukuran kakinya. Ukuran sepatu formal yang pas untuknya adalah 46, namun jarang sekali sepatu dengan ukuran tersebut ditemukan. Meski kadang menjumpai sepatu dengan ukuran tersebut namun harganya tak dapat dijangkau oleh mahasiswa sepertinya yang kala itu, ia masih berkuliah di ITB (Institut Teknologi Bandung).

Bermula dari masalah ini, Yukka dan Uta (nama panggilan akrab Putera) akhirnya membuat desain sepatu sendiri dan mencari vendor untuk membuatnya. Hasilnya, sebuah sepatu dengan standar internasional tercipta. Sedikit demi sedikit, brand ini akhirnya maju dan melebarkan sayapnya dengan membuat berbagai produk aksesori pria seperti dompet, kaos, tas dan sebagainya.

Comments