Daripada Panik, 5 Hal Soal Virus Corona Ini Wajib Dipahami

Pop Patriotics, semua orang mungkin sekarang lagi takut-takutnya sama yang namanya Virus Corona. Tapi, jangan sampe rasa takut itu bikin kita jadi nggak bisa mikir secara jernih. Apalagi, sampe kebawa arus hoax yang malah bikin informasi jadi makin rumit. 

For your information, kasus Virus Corona di Indonesia sudah mencapai angka 172 kasus dengan 7 kematian dan 8 yang dinyatakan sembuh. But again, that information shouldn’t make you worried without any reason. Daripada panik nggak jelas, kalian juga wajib paham soal informasi dasar tentang Virus Corona ini:

 

  • Basically, apa sih Virus Corona itu?

 

 

Yes, Virus Corona atau yang nama resminya adalah COVID-19, lagi heboh bikin geger di dunia. Buat masyarakat awam kaya kita, penyakit ini bisa dibilang baru dan belum pernah dengar sebelumnya. Actually, Virus Corona adalah kelompok virus yang menginfeksi mamalia serta burung. Nah, khusus pada manusia, penyakit ini dapat menginfeksi sistem respirasi. Virus ini emang ada dalam satu keluarga sama SARS dan MERS yang dulu juga pernah mewabah dan bikin heboh dunia kaya sekarang ini. 

 

 

  • Gimana sih Virus Corona bisa nyebar?

 

 

Sejak awal munculnya virus ini, banyak banget orang yang takut gara-gara penyebarannya yang cepat dan terus meningkat. Sebenarnya, penyakit Ebola yang udah ada sebelumnya jauh lebih parah dan rumit dibandingkan virus ini. But again, because this was new, people was still very unfamiliar with this. 

 

Ada dua cara utama di mana virus ini bisa nyebar. Pertama, penularan dari orang, melalui kontak dengan permukaan yang terinfeksi. For people-to-people transmission, virus bisa nyebar lewat kontak dekat sejauh enam kaki. 

Nah, seseorang bisa nularin lewat cairan atau droplets yang dihasilkan ketika batuk atau pun bersin. Makanya penting banget buat tiap orang bertanggung jawab dan sadar diri untuk menutup mulut atau hidungnya ketika batuk dan bersin. Menutupnya pun harus pakai siku, supaya nantinya nggak nyebar lebih luas lagi kalo lewat telapak tangan. 

Cara lain penyebarannya lewat permukaan yang terkontaminasi sama virus. Misalnya meja, yang membawa COVID-19 di permukaannya. Menyentuh meja itu, kemudian menyentuh mulut, hidung atau mungkin mata bisa kemudian jadi penyebab infeksi.

 

  • Siapa aja sih sebenernya yang punya risiko tinggi?

 

 

Yang namanya penyakit ya nggak kenal siapa yang bakal kena ya. Mau lo siapa kek, ya penyakit nggak pandang bulu. Itu artinya, setiap orang berisiko terkena infeksi. Tapi, itu bukan jadi alasan kalian buat panik.

 

Yes, COVID-19 is dangerous , tapi layaknya infeksi pada umumnya, beberapa kelompok masyarakat bisa lebih berisiko daripada yang lain. Misalnya aja anak kecil, tenaga medis, lansia dan mereka yang punya sistem kekebalan tubuh yang lemah adalah orang-orang yang paling berisiko terinfeksi COVID-19 secara serius. 

 

 

  • So, how can I determine whether I’m infected?

 

 

Gejala COVID-19 yang paling umum dan banyak dirasain sama mereka yang terinfeksi adalah demam, batuk dan sesak napas. Walaupun kedengerannya sama aja kaya flu biasa, tapi gejala tersebut ternyata cuma gejala paling ringan yang mungkin dialami sama seseorang. 

 

Buat mereka yang punya risiko lebih besar, gejalanya bisa aja lebih parah, karena sistem kekebalan tubuh mereka yang ikut terganggu.

 

 

  • Be Prepared

 

The best thing that you can do is be prepared. Lebih baik mencegah daripada mengobati, kan? Karena gejalanya sama kaya flu umumnya, cara paling baik dan mudah adalah dengan mencuci tangan dengan sabun dan air, usahain buat nggak nyentuh wajah setelah megang barang-barang yang kemungkinan abis dipegang sama orang lain juga. Nah, kalo di tempat umum ya tau etika bersin, tetap terus rajin mencuci tangan dan kebersihan diri. 

 

Since our government has already commanded us to stay at home, please just stay at home. Misalkan nggak ada hal yang perlu banget dilakuin di luar rumah, lebih baik untuk tetap di rumah dan manfaatin waktu sebaik-baiknya. Jangan sampe waktu untuk sekolah dan kerja di rumah ini malah dipake jadi kesempatan buat liburan. 

 

Kalo soal masker, kan Kemenkes dan WHO juga udah nyampein kalo yang perlu pake masker adalah mereka yang sakit atau pun tenaga medis. Selama kita sehat, dan selalu jaga kebersihan, yakin deh kalo kalian bakal baik-baik aja. 

 

Pop Patriotics, in this kind of situation, all that we can do is just follow the instruction from the authorities. Lakuin semua hal yang bisa kita lakuin, at least mulai dari diri kita sendiri. Nah, semoga informasi di atas bisa ngebantu kalian buat makin paham tentang situasi saat ini. Stay healthy and save, folks!

 

Comments

Recomended Articles