Fenomena Keraton Sejagad dan Sunda Empire, sejauh mana kita boleh berimajinasi?

Pop Patriotics, pasti kalian udah denger kan berita soal adanya sekelompok orang yang inisatif sendiri bikin kerajaan dan nyatain diri mereka sendiri sebagai pemimpinnya. Buat kalian yang belom tau, baru-baru ini lagi viral banget di media sosial soal fenomena Keraton Agung Sejagat. Di media sosial, viral video tentang “kerajaan” itu yang keliatan lagi ngadain prosesi upacara layaknya kerajaan beneran gitu deh. Bener-bener pake baju adat ala keraton, dan juga ada banyak pengikut-pengikutnya gitu. 

Keraton Agung Sejagat emang bikin masyarakat di Purworejo heboh karena mereka khawatir kalo ini tuh jadi salah satu bentuk aliran sesat. Tapi, ya jelas dong pihak “keraton” yakin kalo mereka bukan aliran sesat. Menurut mereka, Keraton Agung Sejagat tuh suatu kerajaan yang muncul karena berakhirnya “perjanjian 500 tahun lalu” sejak hilangnya imperium Majapahit. 

 

 

Karena keresahan masyarakat yang menjadi-jadi, akhirnya polisi pun turun tangan dan akhirnya melakukan penangkapan. “Raja dan ratu” dari “keraton” itu pun ditangkap polisi dan akhirnya ditahan sekarang. 

Nah, sebenernya yang bikin “keraton” ini jadi makin nggak bener, karena mereka secara nggak langsung nipu banyak orang yang akhirnya jadi pengikutnya. Banyak orang dijanjiin gaji dalam bentuk dolar kalo mereka mau gabung di “keraton” itu, tapi sebelumnya mereka diminta buat ngasih uang mulai kisaran Rp 3 juta sampai bahkan Rp 30 juta. Jadi makin keliatan nggak benernya, kan? Tapi mirisnya, “raja dan ratu” berhasil punya 450 orang pengikut lho sampe mereka akhirnya ditangkap polisi. Hebat juga ya nipunya kalo dipikir-pikir?

Nggak lama setelah heboh Keraton Agung Sejagat, eh ada lagi yang namanya Sunda-Empire-Earth Empire. Kalo keraton berasal dari Jawa Tengah, sesuai namanya kali ini dari Jawa Barat. 

Di video yang viral di media sosial juga, pertemuan para anggota Sunda Empire, anggotany keliatan pake seragam mirip TNI yang warnanya loreng, lengkap dengan pangkat, brevet dan topinya. 

Kalo anggota Sunda Empire sendiri yakin kalo Sunda Empire merupakan kekaisaran bumi. Sama aja kaya Keraton Agung Sejagat, Sunda Empire juga sebenarnya bikin resah masyarakat. Nah, sekarang polisi masih dalam proses penyelidikan. 

Sebenarnya, fenomena kaya gini bukan yang pertama ada di Indonesia, lho guys. Kalian masih inget nggak beberapa kelompok atau kerajaan “sesat” yang juga sempet bikin geger? Tahun 1997, ada yang namanya Kerajaan Tuhan Lia Eden. Lia Eden yang jadi pendirinya pun akhirnya divonis penjara. 

Tahun 2005 ada juga yang namanya Satrio Piningit Weteng Buwono yang didirikan di daerah Bekasi Timur, Jawa Barat, Pasar Minggu dan Jakarta Selatan. Pendirinya akhirnya juga divonis penjara karena kasus penodaan agama. Dan juga yang paling baru di tahun 2018, ada yang namanya Kerajaan Ubur-Ubur di daerah Serang, Banten. Sama seperti lainnya, akhirnya pendirinya juga divonis penjara.

Sebenernya, fenomena apa sih ini? Apa mereka sekadar pengen eksis? Atau emang ada unsur penipuannya juga?

Kalo kata pakar sih, ya kemungkinan motif terbesarnya ya kekuasaan. Mereka pasti sebelumnya punya role model atau panutan terutama di bidang sejarah. Nah, makanya mereka kepikiran deh buat perkumpulan kaya gitu dan ngejadiin diri mereka sendiri sebagai pemimpinnya. 

Pop Patriotics, apa sih pendapat kalian soal fenomena keajaan-kerajaan yang lagi heboh ini? Menurut kalian apa mereka halu, atau emang murni pengen cari keuntungan material aja? Drop your opinions below or mention us on Instgram @_damniloveindo.  

Comments