Ini Etika yang Harus Diperhatikan Waktu Nonton Festival Musik

 

Pop Patriotics, hari gini siapa sih yang nggak suka nonton konser atau festival musik? Selain karena emang kepingin nonton artis idola, nikmatin music secara live itu emang sensasinya beda banget deh. Ambiencenya yang asik, dan nyanyi bareng-bareng sama banyak orang yang punya taste musik yang sama emang nggak ada yang ngalahin. Kayanya, emang perlu deh nonton festival musik paling nggak sebulan sekali buat ngilangin penat. 

Akhir-akhir ini, festival musik dan konser juga udah makin menjamur, jadi makin terjangkau juga buat siapapun yang mau nonton. Tapi, kalian tau nggak kalo nonton acara musik kaya gitu tuh juga ada etikanya, lho. Nggak mentang-mentang karena suasananya enak, kita jadi bisa ngapain aja pas dateng ke festival musik. Nonton festival musik tetep ada etikanya juga lho.

Nih, beberapa etika yang harus kalian lakuin waktu nonton festival atau konser musik. 

  1. Antre yang Tertib

Apa sih yang paling bikin kalian males waktu nonton konser? Pasti soal ngantre dan desek-desekan sama penonton yang lain. Sebenernya kita nggak harus, lho ngerasain desak-desakan, asal kita mau ngantri dengan cara yang tertib. Tapi kenyataannya, banyak orang tuh nggak sabra. Jadi mereka ngerasa harus cepet-cepetan biar bisa masuk duluan, padahal kan semua orang juga pasti bisa masuk ke venue. Toh promotor juga pasti udah ngitung dong jumlah penonton yang akan hadir. Nyerobot antrian dan desak-desakan sama penonton lain demi masuk ke venue, justru bakal bikin keributan dan antrian jadi makin berantakan. Kalau emang mau nonton dengan posisi yang enak, ya kalian harus datang lebih cepat, jadi kan enggak harus desek-desekan sama penonton yang lain. Lagian kan ngantre pasti juga bakalan lebih adil, siapa yang datang duluan bakal dapat giliran yang lebih awal juga. Jadi jangan gara-gara ngeliat ada antrean panjang kalian malah jadi nyerobot dan bikin keributan. Pop Patriotics, antre yang tertib ya.

2. Usahain lebih banyak nikmatin penampilan secara langsung

Di era sosial media kayak sekarang gini, pasti banyak deh yang pengen selalu update dan bisa upload semua kegiatan yang kalian lakukan termasuk nonton konser. Belakangan ini, banyak orang yang nonton konser tapi lebih fokus buat ngevideo-in artis atau penampil di depan. Sebenarnya sah-sah aja sih buat ngerekam atau ngeabadiin penampil selagi nggak dilarang, tapi bagaimanapun juga kan penampil juga pengen dinikmati secara langsung bukan malah fokus sama handphone masing-masing. Menurut beberapa public figure, terutama mereka yang sering jadi pengisi acara di festival musik atau konser, mereka lebih prefer buat didengerin langsung daripada di videoin atau di rekam dari awal sampai akhir. Jadi kalau boleh saran sih, mungkin kalian bisa videoin mereka ya sedikit-dikit aja d iawal atau di akhir, selebihnya enjoy aja nikmatin acara yang ada. Lagian, percaya deh nikmatin konser musik secara langsung itu lebih enak dan lebih memorable daripada sekedar ngerekam di handphone. Toh, video yang kalian rekam juga mungkin nggak akan kalian dengerin terus-terusan, tapi kalau kalian nonton secara langsung, memorinya bakal ada sampai kapanpun.

 

3. Hormatin siapapun penampilnya

Ketika kalian datang ke festival music, mungkin nggak semua pengisi acaranya kalian suka. Tapi gimana pun juga, kalian tetap  harus ngehormatin semua artis yang tampil. Neriakin ejekan ke artis yang kalian gak suka, apalagi nyuruh mereka turun dari panggung bener-bener nggak boleh dilakukin waktu nonton festival musik. Nah, gimana pun juga kalian harus pinter pinter deh menahan diri dalam situasi kaya gini. Kalau emang kalian nggak suka banget, ya tinggal nggak usah didengerin atau menjauh dari venue. Nggak susah kan, sebenarnya

 

4. Jangan Lempar barang apapun ke panggung

Benda-benda yang keras dan besar kayak botol minuman atau sepatu jelas lah dilarang buat dolempar ke panggung. Tapi, benda lembut lainnya kayak boneka juga sebaiknya nggak dilemparin ke panggung, lho. Mungkin kalian cuma pengen ngasih hadiah buat idola kalian, tapi beberapa hal buruk bisa aja terjadi lho. Gara-gara hal ini, contohnya aja waktu grup K-pop BTS lagi konser di Manila, Filipina tahun lalu, seorang penonton melempar boneka ke arah Jin yang merupakan salah satu member grup ini. Dari aksi tersebut, kepala Jin terpukul cukup keras dan bikin dia kaget. Boneka yang lembut sekalipun dilempar dengan kencang bisa aja lho ngelukain orang. Atau di kasus lain, kalian bisa aja ngelempar ke target yang salah. Maksudnya mau ngelempar ke lantai, tapi malah kena bagian tubuh si artis. Bukannya bikin seneng, malah bikin si artis jadi terganggu

 

Nah, itu dia etika-etika yang harus kalian mulai terapin ya waktu nonton konser atau festival music. Jadi nonton konser atau festival musik bukan cuma happy-happy aja, tapi tetap ada aturan yang harus kalian patuhi. Lagian kan kalau ada aturan, segalanya bakal jadi terasa lebih enak. Bayangin aja kalau orang-orang antre tanpa aturan atau sampah bertebaran di mana-mana, pasti konsep musik atau festival musik itu malah jadi nggak enak buat ditonton. Pop Patriotics, share dong pengalaman nggak enak kalian waktu nonton konser atau festival musik, biar sama-sama kita jadiin pelajaran dan nggak terulang lagi. Komen ya di bawah sini atau mention  di Instagram kita @_damniloveindo. 

Comments

Recomended Articles