Avani Eco, Inovasi akan Perubahan!

Pop Patriotics, masih pada inget nggak nih artikel DAMN! beberapa waktu lalu yang ngebahas tentang kampanye anti plastic? Nah, di artikel itu, kita juga udah sempet singgung tentang inovasi plastic yang terbuat dari singkong. Kali ini, kita mau bahas lebih lanjut tentang perusahaan itu. Kalo kalian sendiri, udah pernah liat belom plastik dari singkong itu? Teksturnya sih lebih halus dari plastik-plastik biasanya, dan yang paling penting, plastik itu bisa larut dalam air nggak kaya plastik biasa yang butuh waktu sampe ratusan tahun buat hancur. Kebayang nggak sih jumlah plastik itu sebanyak apa kalo nggak bisa hancur? Makanya, inovasi plastik ini bener-bener jadi solusi buat gantiin plastik biasa. Jadi, sebenernya siapa sih yang pertama kali nyiptain inovasi plastik ini?

 

DAMN!Avani2

Kevin Kumala, pendiri perusahaan Avani Eco yang bergerak dalam bidang pengembangan bioplastic ini ternyata lulusan kampus Amerika, lho guys. Nah, ini dia nih yang harus dicontoh sama anak-anak muda, walaupun kita pergi kemanapun pada akhirnya akan kembali ke Tanah Air buat ngasih sesuatu ke Indonesia. Perusahaan yang terus menggaungakan campaign #IAMNOTPLASTIC ini, ternyata produknya udah dipake sama banyak perusahaan besar Indonesia bahkan dunia. Ternyata, bahan singkong yang dipake itu bukan dari singkong untuk bahan konsumsi tapi emang khusus untuk bahan industri.

Ternyata, nggak cuma kantong plastic aja, tapi mereka juga produksi sedotan dan gelas plastic yang berbahan dasar dari pati jagung. Selain itu, ada juga jas hujan model ponco yang terbuat dari bahan nabati juga, lho. Selain mudah larut dalam air, pentingnya penggunaan plastic dari bahan nabati ini ternyata berdampak buat hewan-hewan juga lho terutama hewan laut. Soalnya, banyak ikan-ikan atau penyu yang mati karena mereka nggak bisa bedain plastik atau bukan, bahkan ada juga yang lehernya terlilit sama plastic. Lama-kelamaan, hewan-hewan laut bisa punah cuma gara-gara sampah plastik manusia.

Wah, keren banget ya inovasi dari Kevin ini. Semoga, makin kesini bakal makin banyak juga orang yang sadar tentang penggunaan plastic. Jangan gara-gara nggak mau ribet dan ada dimana-mana, kita jadi tergantung sama plastik, ya. Kalo kita belom bisa ngelakuin hal besar buat bumi kita, paling nggak meminimalisir penggunaan plastik juga bisa kok ngebantu jaga lingkungan kita. Kalo mulai dibiasakan, pasti lama-kelamaan akan jadi terbiasa. Share dong kebiasaan kecil apa sih yang udah kalian lakukan dalam meminimalisir penggunaan plastik dengan cara komen di bawah atau mention di Instagram kita @_damniloveindo.

Comments