Jangan Tunggu Tua Buat Nabung

Pop Patriotics, Menurut kalian, kapan sih waktu yang paling tepat buat nabung? Apa iya harus nunggu tua dulu baru nabung?Ya jelas nggak lah, sebenarnya juga buat nabung ya bisa dilakuin sejak masuk sekolah, sejak dapat uang dari orang tua. Nah kalau udah kerja, bakal beda nih, nabung udah jadi suatu kewajiban. Masa iya setiap bulannya kita ngehabisin semua uang yang kita dapet dan nggak nyisihin uang sedikit pun. Ternyata,  menabung belum jadi kebiasaan baik yang dilakukan oleh pekerja muda, apalagi remaja. Menurut survey dari Indonesia Millennial Survey 2019 yang digelar oleh IDN Times, ternyata ketahuan kalau pekerja milenial yang usianya masih muda di Indonesia cuma mampu menyisihkan 10% dari pendapatan mereka untuk tabungan. Setelah diteliti, ternyata penyebab mereka susah menabung gara-gara penghasilannya banyak habis buat jajan es kopi susu atau bubble tea dan pengeluaran konsumtif lainnya daripada buat menabung atau beli asuransi ataupun investasi.

Kebanyakan dari para milenial yang susah nabung gara-gara mereka ngerasa udah capek-capek kerja ya hasilnya bisa dinikmatin sesuai mau mereka. Selain itu mereka juga kebanyakan belum berkeluarga, jadi tanggungan pengeluarannya juga belum besar. Pendapatan harusnya bisa lebih optimal kalau dialokasikan jadi keperluan yang lebih produktif termasuk nyiapin tabungan buat kebutuhan di masa depan.

Buat kalian yang masih belum punya kesadaran buat nabung, ini beberapa manfaatnya dari nabung sejak dini.

Yang pertama, penting banget punya tabungan yang gunanya buat dana darurat. Ada jenis kebutuhan di masa depan yang perlu diantisipasi sejak awal. Salah satu yang sulit dihindari adalah kebutuhan uang tunai waktu kejadian darurat. Ya, kita kan nggak tau kapan datangnya hari darurat itu, mulai dari kecelakaan atau atau tiba-tiba ada yang sakit atau bisa juga  ada kewajiban buat nolong keluarga yang kena musibah. Lagi-lagim yang namanya musibah kan nggak ada yang tahu, kan? Nah itu dia kenapa tabungan jadi penting banget buat di waktu-waktu genting. Kalau punya tabungan buat dana darurat kan jadi nggak harus cari pinjeman pas lagi butuh. 

Biaya buat masa depan kayak nikah, punya rumah dan berkeluarga juga penting banget buat disiapin dari sekarang. Walaupun umur kita masih muda dan belum kepikiran sama sekali buat nikah, tapi penting banget buat nyiapin dananya mulai dari sekarang.  Contohnya aja kalau emang kalian punya cita-cita yang tinggi buat punya pernikahan impian, ya berarti kan dana yang harus disiapin juga banyak dan pastinya wajib disiapin mulai dari sekarang. Kalo nantinya bakal ada pihak lain yang bantuin dana itu, ya bagus-bagus aja sih, cuma kan pasti akan ada kebanggan tersendiri kalo kita bisa pake uang tabungan kita sendiri. Nah, abis nikah kan masih harus beli rumah, biaya rumah, buat kebutuhan sehari-hari, apalagi kalo udah punya anak. Mulai dari situ, kebutuhan uang nggak bakal ada habisnya deh. Makanya, wajib banget disiapin mulai dari sekarang. 

Masih banyak banget manfaat yang bisa kita dapetin kalo rajin nabung. Mungkin bakal kerasa susah kalo kalian belum kebiasa buat nabung, tapi kalo bukan mulai dari sekarang, mau kapan lagi? Yuk, mulai sisihin pendapatan kalian, kurang-kurangin jajan dan foya-foyanya biar masa depan bisa lebih terjamin. 

Comments