Jogja Nyah Nyoh, Komunitas Penambal Jalan Sukarela

Pop Patriotics, siapa di antara kalian yang masih mikir kalo berbakti buat negara itu harus dengan cara-cara besar? Kalian nggak harus kok pergi ke negara lain untuk mewakili Indonesia, semuanya bisa dimulai dengan langkah-langkah kecil. Nah, kali ini kita akan ngebahas tentang sebuah komunitas asal Jogja yang bergerak dalam menambal jalan secara sukarela. Komunitas yang dikasih nama Nyah, Nyoh ini ternyata melakukan kegiatan-kegiatan tersebut tanpa perintah dari siapapun, murni atas kepedulian diri sendiri. Wah, kaya gini-gini nih yang perlu dilakuin sama banyak anak muda.

Kata ‘Nyah Nyoh’ sendiri diambil dari Bahasa Jawa yang artinya ikhlas memberi tanpa mengharapkan balasan. Komunitas Jogja Nyah Nyoh berniat buat ngajak masyarakat tentang budaya gotong royong yang makin lama mulai dilupakan. Awalnya mereka cuma nyemprotin pilox ke area jalan yang berlubang, buat ngingetin para pengendara untuk hati-hati. Lalu, mereka mulai menambal jalanan dengan semen secara permanen. Ternyata, biaya yang dipake bua nambel jalan itu hasil patungan antara anggota komunitas. Wah, bener-bener patut dicontoh nih, Pop Patriotics.

 

DAMN!JogjaNyahNyoh

Kepedulian kaya gitu yang udah mulai dilupain sama banyak orang sekarang ini. Banyak yang mulai apatis, individualis dan lupa kalo kita ini tinggal bareng sama orang lain juga, bukan cuma kita aja! Komunitas Jogja Nyah Nyoh ternyata nggak Cuma ngingetin kita buat peduli sama orang banyak tapi sekaligus ngingetin tentang gotong royong yang harusnya jadi ciri khas orang Indonesia.

Tuh kan, berbuat sesuatu buat negara bisa dimulai dengan hal-hal kecil kan? Semoga nantinya akan lebih banyak lagi ya anak muda Indonesia yang berusaha berbuat sesuatu buat Indonesia walaupun dimulai dari hal-hal kecil. Lagian kan kalo bukan kita sebagai anak muda Indonesia, siapa lagi? Nah, kalo menurut kalian Pop Patriotics, cara apa lagi sih yang bisa kita lakuin buat negara kita ini? Komen ya di bawah ini atau mention kita di Instagram @_damniloveindo.

Comments