Najwa Shihab, Pantang Takut Ungkap Kebenaran

 

Pop Patriotics, siapa sih yang jaman sekarang nggak tau sama yang namanya Najwa Shihab? Iya, pembawa acara sekaligus jurnalis perempuan yang ketegasannya dalam bawain acara tuh bikin penonton juga ikut deg-degan. Nama Najwa semakin dikenal belakangan ini gara-gara aksinya yang aktif ngajakin generasi anak muda buat semakin peduli dan nggak apatis sama yang namanya politik dan isu sosial. Kalo sebelumnya, isu-isu politik di Indonesia mungkin boring dan super birokratis, kerennya Najwa, bisa bikin semuanya terlihat menarik dan penting untuk dibahas. 

 

Wanita kelahiran Makassar, 16 September 1977 ini merupakan anak dari Qurais Shihab dan Fatmawati Assegaf. Ayahnya ahli tafsir yang menjadi menteri Agama era Presiden Soeharto. Sedangkan pamannya, Alwi Shihab menteri luar negeri pada kabinet Gus Dur. Ternyata, keluarganya yang udah berkutat di pemerintahan bikin Najwa semakin punya interest berlebih di dunia politik. 

 

Najwa Shihab mulai kariernya di bidang jurnalistik tepat setelah dia lulus kuliah. Jadi reporter Metro TV, siapa sangka dia bakal jadi jurnalis ternama di Indonesia sampe saat ini?

 

 

 

Nama Najwa Shihab semakin dikenal sama masyarakat waktu dia harus ngeliput bencana besar Tsunami Aceh tahun 2004, di hari-hari pertama setelah musibah itu terjadi. Dari liputannya waktu itu, udah keliatan sifat asli Najwa yang berani dan nggak tanggung-tanggung waktu nyampein berita dan kebenaran di publik. Ditambah lagi sama sisi kritis yang ada di dalam dirinya. 

 

Bermula dari situ, Najwa Shihab kemudian sering banget dapet penghargaan dan prestasi di bidang media dan jurnalistik. Bahkan, dia juga pernah dinobatin sebagai wartawan terbaik di eranya. Kariernya yang sekarang melejit pun berkat pengalamannya yang bisa mewawancarai dan mengulik berbagai tokoh penting Tanah Air termasuk para presiden.

 

Ciri khasnya yang selalu tegas dan lugas waktu ngewawancarain narasumbernya, bikin informasi yang didapetin juga jadi menarik dan penting banget buat disimak. Contohnya aja, kalo dia interview tokoh-tokoh partai politik, dengan berani dia selalu dorong narasumbernya buat bicara yang sejujurnya. Kalo enggak? Ya bakal dicecer terus deh, bahkan sampe-sampe banyak narasumber yang ogah kalo harus dateng ke acaranya untuk diwawancarai. 

 

Belakangan ini, Najwa Shihab terus ngajakin anak muda buat ikut terlibat dalam pembangunan Tanah Air. Hal itu nunjukkin kalo dia punya kepercayaan yang besar ke anak-anak muda buat “do something more for the country.” Nah, terus sebagai anak muda kita harus apa? Ya, do everything that we can, based on our capability. Nggak cuma itu, sesuai dengan jejaknya, anak muda juga harus berani ngungkapin kebenaran tanpa takut tergencet sama penguasa-penguasa, kaya yang Najwa lakuin selama ini. 

 

Nah, Pop Patriotics, yuk jadi anak muda yang berani dan nggak ragu-ragu buat nyampein kebenaran sesuai di bidang kita masing-masing, kaya apa yang Najwa Shihab selama ini lakuin.

 

Comments