Pasti Ada Waktu Tahun Baru, Gimana sih Sejarah Kembang Api?

Pop Patriotics, tahun baru nggak kerasa aja udah tinggal sebentar lagi. Pasti udah pada nggak sabar kan buat countdown dan nikmatin malam pergantian tahun sama orang-orang terkasih? Apa sih yang identik banget sama malam pergantian tahun? Iya, kembang api.

Kembang api selama ini emang selalu jadi bagian penting kalo kita ngerayain malam tahun baru. Mulai dari anak-anak sampe orang dewasa kayanya masih suka buat beli kembang api dan mainin sambil nunggu malam pergantian tahun. Tapi, kalian tau nggak sih gimana sejarah kembang api sebenernya?

Menurut sejarawan, kembang api asalnya dari China. Emang sih, China itu adalah negara yang paling banyak memproduksi dan mengekspor kembang api. Awalnya, orang China nemuin suatu benda yang diprediksi bakal jadi cikal bakal petasan. 

Waktu itu masyarakat China udah pernah nemuin semacam petasan, tapi berupa bambu yang direbusterus diisi zat yang nantinya bikin meledak. Tapi, tujuan mereka waktu itu buat ngusir roh jahat. Cara ini awalnya ditemuin sama seorang koki di China yang nggak sengaja nyampurin arang, belerang sama saltpeter ke dalam lubang bambu.

Nah, dua ratus tahun kemudian, mereka mulai belajar cara menembakkan bahan peledak itu ke udara. Masyarakat China akhirnya coba bikin petasan dalam bentuk roket pertama yang pake bahan dasar kayu. 

 

 

Setelah digagas oleh China, masyarakat Eropa yang setelahnya diikuti oleh Amerika juga pake bubuk peledak itu dan akhirnya kita kenal sebagai petasan dan juga kembang api. 

Sampai saat ini, petasan dan kembang api emang identic banget sama perayaan besar, ya salah satunya tahun baru. Nggak cuma bikin meriah tapi warna-warnanya yang cantik juga bikin perayaan di malam hari makin indah. 

Nah, pasti Pop Patriotics juga baru tau kan tentang sejarah kembang api sama petasan ini? Pasti nggak nyangka kan kalo kembang api yang kita pake buat tahun baruan ini ternyata awalnya buat ngusir roh jahat? Mulai sekarang, jangan lupa ya buat nyiapin kembang api sama petasan biar nanti tahun baruan kalian terasa lebih meriah dan seru!

Comments

Recomended Articles