Social Distancing, Tak Hanya Buat Diri Sendiri Tapi Juga Orang Banyak

 

Pop Patriotics, udah denger belom soal istilah baru yang namanya ‘Social Distancing’? Iya social distancing emang kayanya baru banyak dipakai akhir-akhir ini karena luasnya pandemi Virus Corona COVID-19. Jadi, social distancing adalah salah satu cara yang bisa diterapin buat mencegah penyebaran virus. Definisi dari ‘social distancing’ sendiri adalah mengurangi jumlah aktivitas di luar rumah dan interaksi dengan orang lain yang kira-kira bisa mengurangi kontak tatap muka langsung. Nah, ‘social distancing’ sendiri termasuk upaya kita buat nggak pergi ke tempat-tempat ramai kaya supermarket, bioskop, mall ataupun keramaian lainnya. 

Jadi bagian upaya dari ‘social distancing’, ketika kalian harus pergi ke luar dan ketemu banyak orang, kalian harus jaga jarak seenggaknya 1,5 meter dari orang lain. Yah, walaupun kayanya agak susah ya? Tapi, mau gimana lagi, cara ini jadi cara paling efektif buat menahan penyebaran virus. Jadi sebenernya, #dirumahaja jadi cara paling efektif buat dilakuin. 

Nah, cara ‘social distancing’ ini ternyata udah diterapin di banyak negara, lho. Misalnya di Filipina, bangku di gereja di sana dikasih police line yang misahin antar satu orang dengan orang lainnya. Jadi, orang-orang nggak pada duduk bersebelahan dengan tetep ada jaraknya. Atau di China, di mana banyak garis-garis yang ditempel di jalanan supaya orang cuma bakal berdiri di atas garis itu, dan masih punya jarak antar satu dengan yang lain. Atau juga di Thailand, yang nerapin tanda di lift-lift supaya orang-orang ngga berdiri berhadapan satu sama lain.

Pemerintah kita termasuk Pak Jokowi, Gubernur Anies bahkan pemerintahan di negara lain juga terus-terusan nekanin pentingnya ‘social distancing’ ini buat diterapin sama banyak orang. Lagian, percuma juga kalo pemerintah ngelakuin berbagai upaya buat cegah penyebaran virus tapi kalo kita nya juga masih nggak ngikutin aturannya bakal percuma juga. 

Anyway, kalo kalian mikir ‘social distancing’ ini penting buat ngejaga diri kalian sendiri, tapi sebenernya enggak, lho. Dengan kalian bisa nerapin aturan itu dengan tertib, itu juga bermanfaat bagi orang lain di luar sana, lho. Misalnya aja kondisi kalian nggak fit atau sakit, kalian berpotensi nyebarin virus ke orang lain, terutama mereka yang berisiko tinggi. Atau juga sebaliknya, kalo ada orang lain yang lagi sakit, kalian juga jadi berpotensi tertular. Maka dari itu, upaya ‘social distancing’ ini bener-bener ngebutuhin kesadaran dari tiap individu itu sendiri. 

Kedengerannya kok harus gitu banget ya? It might sound nonsense now. But it’s the least thing that we can do for now. Semoga aja semua ini bakal cepat berlalu, dan kehidupan kita bisa kembali berjalan normal lagi. Intinya, stay safe buat semuanya, terus jaga kesehatan dan jaga kebersihan diri, dan paling penting terus ikutin aturan dan anjuran dari pemerintah ataupun instansi kesehatan terkait. Stay safe, Pop Patriotics!

Comments

Recomended Articles