Tips Lindungi Diri dari Virus Corona di Kendaraan Umum

 

Pop Patriotics, walaupun beberapa kantor dan sekolah udah mulai nerapin adanya kerja dan belajar dari rumah, ternyata masih banyak ya perusahaan yang belum meliburkan pegawainya. Nah, misalkan kalian adalah salah satu dari mereka yang belum bisa bekerja dari rumah, dan harus tetap pergi ke kantor naik kendaraan umum, perhatiin 3 tips ini supaya tetap sehat walaupun harus berada di ruang publik dengan banyak orang. 

  1. Hindari berada di tempat yang berdesakan dengan orang lain.

Agak nggak mungkin ya kayanya buat nggak berdesakan dengan orang lain di kendaraan umum? Tapi, khusus untuk kali ini kalian harus bisa lebih sabar. Kalo angkutan terlihat sudah penuh, lebih baik buat nunggu angkutan lainnya yang diisi penumpang lebih sedikit. 

Kalo orangnya nggak banyak, kan kalian bisa menjaga jarak antar penumpang, terlebih sama mereka yang batuk atau bersin. Beri jarak sekitar kurang lebih satu meter, dan nggak berdekatan selama lebih dari 15 menit. 

Lagian kan pemerintah juga udah netapin jumlah maksimum penumpang buat MRT dan Transjakarta sekaligus menambah jumlah kendaraan, jadi kalian akan lebih gampang buat nerapin step ini. 

 

  1. Bawa hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60%

 

Buat meminimalisir penyebaran virus, lebih baik kalian selalu sedia hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60%, buat jaga-jaga siapa tau nggak tersedia di angkutan umum. 

 

Jangan lupa buat terus semprot hand sanitizer setelah kalian menyentuh permukaan yang paling sering disentuh kaya kenop pintu, pegangan, uang kembalian, setelah bersin, batuk atau buang ingus, sebelum dan sesudah makan, sebelum menyentuh wajah, sebelum memakai masker dan juga sesudah melepas masker.

Lebih bagus lagi, kalo ada tempat buat cuci tangan, lebih baik tetap cuci tangan dengan air bersih yang mengalir dan sabun. Oh iya, di waktu-waktu kaya gini, kalian nggak perlu sungkan buat menegur siapapun yang batuk atau bersin tapi nggak ditutup. Asal tegurnya tetap harus pake etika yang sopan dan nggak bermaksud menyinggung lho, ya. 

  1. Masker hanya untuk yang sakit

Seperti anjuran dari WHO dan Kemenkes, masker cuma dipake sama mereka yang sakit. Kalo kalian merasa sehat, masker malah bisa jadi tempat menimbunnya virus dan penyakit. 

Pop Patriotics, tips-tips di atas buat kalian yang terpaksa harus naik kendaraan umum. Nah, buat yang sakit, lebih baik kalian tetap di rumah, ataupun kalo harus pergi, cari kendaraan yang lebih minim penumpang. Selain bisa berpotensi bahaya buat orang lain, sistem kekebalan tubuh kalian yang lemah juga berpotensi bahaya buat diri kalian sendiri. Jadi, lebih baik #dirumahaja.

Comments

Recomended Articles