Toleransi Harusnya Jadi Solusi

Pop Patriotics, apa sih yang ada di pikiran kalian kalo denger kata ‘toleransi’? Mengharga sesama? Berbeda-beda tapi tetap saling dukung? Sebenernya, simple sih, tapi kenapa sampe saat ini masih banyak orang yang susah buat nerapin di kehidupan sehari-hari?

Kali ini, toleransi jadi suatu hal yang penting dibahas gara-gara ada kasus yang baru aja viral, dimana sebuah toko kue masang larangan ucapan keyakinan lain. Kalau hal ini serasa di normalisasi, lalu dimana letak toleransinya? 

Kampanye A B C tentang pentingnya toleransi kayanya udah terus ada deh dari lama, tapi kok ya rasanya masih banyak orang yang nggak paham akan hal itu? 

Toleransi itu se-simple tau kalau pilihan orang lain beda dan nggak maksain buat mereka punya pilihan yang sama kaya kita. Ini nggak melulu soal agama ya, tapi juga bisa aja tentang hal-hal lain kaya politik atau pilihan terhadap suatu hal. 

Setiap orang pasti punya alasan kenapa mereka memilih atau meyakini suatu hal, dan kita harusnya bisa untuk menghargai itu semua. Bukannya malah mempengaruhi mereka buat ikut jalan yang kita pilih juga. Lagian, bukannya keberagaman itu justru indah ya? Biar kita bisa saling belajar, salin mengenal dan saling memahami di antara perbedaan itu. Lagian kan Indonesia emang udah jalannya buat punya keberagaman tanpa batas. 

Mulai sekarang, yuk kita belajar buat lebih bisa toleransi. Ketika tau pilihan orang lain berbeda, coba pikir dan pahami dulu apa alasan mereka, gimana latar belakang mereka sehingga mereka berbeda dengan kita. Dengan mau belajar ngertiin orang lain, kita harusnya udah bisa jadi lebih dewasa buat paham akan perbedaan dan pentingnya toleransi.

Pop Patriotics, jangan mau jadi manusia yang seragam. Sama rataaa semua. Biarin aja segala perbedaan yang ada di antara kita ini justru jadi pemanis dalam hidup. Anak muda harusnya bisa lebih bertoleransi terhadap orang lain dan nggak melulu maksain apa yang jadi keyakinan kita. Pop Patriotics, share dong cerita tentang pengalaman toleransi kalian dengan cara komen di bawah sini atau mention di Instagram kita @_damniloveindo.

 

Comments

Recomended Articles