Urbain, Identitas bagi Budaya Urban di Indonesia

Kehidupan urban di Indonesia khususnya di kota-kota besar kini makin akrab di kalangan anak muda. Mengikuti arus ini, lahirlah sebuah brand yang mengusung tema street culture bernama Urbain. Nama Urbain sendiri berasal dari Bahasa Perancis yang berarti Urban. Brand ini sendiri terpengaruh dengan budaya hip-hop, Basket, Dance dan Seni.

Urbain kini menjadi identitas bagi budaya urban di Indonesia, sebab brand yang didirikan oleh Rico Lubis Bersama Bian ini bak sandangan wajib bagi para pecinta budaya urban. Brand yang berdiri sejak tahun 2010 ini pun memiliki sebuah tujuan yaitu untuk memberi pengaruh serta menghubungkan Indonesia melalui desain pakaian gaya urban yang membuat sebuah komunitas positif.

Desain produk yang paling dikenal dari brand ini adalah ‘Jakarta VS Everybody’ yang diadaptasi dari ‘Detroit VS Everybody,’ lagu milik rapper ternama Amerika Serikat, Eminem. Desain ini pun dapat digunakan di setiap kota di Indonesia dengan lisensi dari Urbain. Selain itu, Urbain juga berkolaborasi dengan selebritis ternama seperti Bimbim & Kaka Slank, Tuan Tigabelas, dan atlet basket Mario Wuysang. Tak sampai di situ, brand ini juga selalu mengagendakan berbagai movement seperti street culture, basket, breakdance, rap, DJ, dan mural grafiti di Lapas Anak Tangerang. Tujuannya adalah untuk berbagi kepada anak jalanan yang berada di lapas.

Comments