Virus Corona Dikonfirmasi di Indonesia, Ini Cara Penanggulangannya

Pop Patriotics, Presiden Jokowi baru aja mengumumkan kalo ada dua virus corona yang dikonfirmasi di Indonesia. Menurut berita, mereka tertular dari warga negara Jepang yang melakukan kontak langsung dengan mereka. Kalo sebelumnya banyak netizen yang jadiin Virus Corona bahan bercandaan, katanya orang Indonesia terlalu kebal, kayanya sekarang jokes itu udah nggak berlaku lagi. Eits, jangan sedih jangan panik sayang, walaupun virus corona sudah dikonfirmasi positif ada di Indonesia, kita nggak boleh langsung heboh dan panik tanpa alasan. Yang penting buat kita saat ini, adalah sebisa mungkin mencegah penyebarannya dari diri kita masing-masing. Ini dia beberapa cara yang bisa kalian lakuin buat mencegah terinfeksi virus corona.

  1. Jangan sentuh wajah kalian atau wajah orang lain (kalaupun harus, cuci tangan sebersih mungkin)

Cuci tangan sebersih mungkin, seluruh bagian, nggak cuma ngasal telapak tangannya aja. Penting juga buat cuci tangan pake sabun di bawah air yang mengalir, kalo bisa jangan dari air dalam wadah yang mungkin juga udah terkontaminasi sebelumnya. Cuci semua bagian tangan, sampe sebelum siku tangan selama 20 detik. Ya kira-kira, cukup lama buat nyanyiin dua kali lagu “Selamat Ulang Tahun.” Lumayan kan, sambil cuci tangan, sambil berdoa aja siapa tau jadi panjang umur sekalian.

  1. Buanglah masker sekali pakai yang sudah dipakai selama seharian. 

Sebenernya, kalo kata WHO sih, masker lebih pas buat dipake sama mereka yang sakit, yang mungkin jadi sumber penyebaran penyakit. Nah, buat kita-kita yang sehat, selama imun kita kuat, sebenernya nggak perlu sih pake masker. Tapi, kalo emang kalian terbiasa pake masker, usahain buat nggak pake masker lebih dari sehari. Masker yang kotor bisa jadi sumber penyebaran bakteri paling banyak. 

2. Jangan berbagi alat makan, mandi dan lainnya. 

Sebagai salah satu cara pencegahan, usahakan buat nggak berbagi alat makan dan mandi kaya sendok, garpu atau handuk mandi. Walaupun kalian ngerasa sama-sama bersih, nggak ada yang tau kan, siapa yang berpotensi nyimpen bakteri paling banyak. Lagian, we can’t never be too prepared for anything. So, just protect youself. 

3. Usahakan buat ngga nyentuh barang-barang yang berpotensi nyimpen bakteri

Handle pintu, handle tangan di transportasi umum berpotensi nyimpen jutaan bakteri. Kalo emang nggak memungkinkan, sesegera mungkin cuci tangan dan bersihin diri kalian. Kalo udah turun dari transportasi umum, cuci tangan sebersih mungkin. Kalo udah pulang setelah berkegiatan di luar rumah, buruan mandi dan cuci semua baju yang udah dipake seharian. 

Pop Patriotics, just prepare for every possible situation. Tapi, sekali lagi, jangan panik dan heboh sendiri tanpa alasan yang jelas ya. Yang jelas, yang bisa kita lakuin sekarang cuma sebisa mungkin menjaga imunitas diri kita, karena kalo soal virus, yang penting tubuh kita harus kuat. Yuk, jaga kesehatan dan kebersihan kita lebih baik lagi. Stay safe and healthy, Pop Patriotics. 

Comments

Recomended Articles