Yang Bisa Anak Muda Indonesia lakuin di era Tik Tok

Why don’t you say so, didn’t event notice, no punches there to roll with. You got to keep it focused, you want it, say so. Pop Patriotics, familiar banget nggak sih sama lirik itu akhir-akhir ini? Iya, bener itu lirik lagu yang seliweran di media sosial gara-gara jadi music backgroundnya video tik-tok. Nah, kalian sendiri udah pada jadi kaum Tik Tok belom? Udah nyobain joged-joged sendirian di kamar? Kalo udah, ya fix kalian udah resmi jadi warga Tik Tok sejati sih.

Tik Tok emang lagi heboh banget deh akhir-akhir ini. Orang-orang mendadak jago joged gara-gara Tik Tok. Abis kelar bikin video di Tik Tok, terus diupload deh ke Instagram sama Twitter. Gara-gara makin nyebar, Tik Tok akhirnya jadi aplikasi paling happening akhir-akhir ini. Bahkan, tau nggak sih kalo pengguna Tik Tok udah tembus 1,5 miliar, sedangkan Instagram cuma sebanyak 1 miliar. 

Tapi, kalian masih inget nggak sih kalo sebelumnya aplikasi Tik Tok dijudge abis-abisan. Apalagi ada yang namanya artis Tik Tok Bowo Alpenliebe yang dibully mati-matian sama pengguna Instagram dan Twitter. Eh, kok sekarang kebalik orang-orang jadi pake Tik Tok dan diupload ke Instagram sama Twitter. Sebenernya, gimana sih?

Buat yang masih belum familiar sama Tik Tok dan bingung apa sih Tik Tok itu sebenernya. Tik Tok itu sebuah aplikasi dimana penggunanya bisa upload video yang durasinya cuma 15 detik. Kalo kalian masih inget aplikasi Vine yang videonya cuma 6 detik, Tik Tok sebenernya mirip-mirip lah sama itu. Nah, kayanya sih yang bikin pengguna Tik Tok jadi banyak kaya sekarang, karena banyak fiturnya yang sebelumnya belom ada, dan yang paling banyak dipake orang jadi aplikasi buat upload video mereka joget sana sini gitu deh. 

Kalau di Instagram, video-video nya kan cenderung lebih ke estetik gitu kan. Konsep dan captionnya dipikirin banget, mungkin sampe seminggu, nggak diupload-upload juga tuh video. Nah, kalau Tik Tok sih lebih santai, orang nggak begitu mikirin likes atau commentnya, dan ya kebanyakan penggunanya sih asal aja upload apa yang mereka mau. 

Makin kesini, banyak orang Barat yang makin banyak pake Tik Tok. Nah, banyaknya orang Barat yang pake Tik Tok, juga bikin banyak influencer yang juga bikin opini publik jadi berubah juga. Banyak orang yang tadinya “apaan sih, kampungan” atau “alay banget deh”, lama-kelamaan jadi kaya “eh apa sih ini kok seru juga kayanya”. Akhirnya, banyak deh yang coba download dan bikin Tik Tok sendiri. Tadinya ngehujat, eh sekarang videonya ngelebih-lebihin dari Bowo Alpenliebe. 

Jadi, Tik Tok ini secara nggak langsung nunjukin kalo pengaruh dari negara Barat tuh sebenernya kuat banget. Buktinya bisa bikin opini public secara nggak langsung jadi berubah. Ngeliat kesempatan dan peluang kaya gini, sebenernya sebagai anak muda Indonesia, kita bisa banget sih nunjukin budaya Indonesia lewat cara-cara baru, ya salah satunya Tik Tok. 

Kalo kita aja bisa liat dan ngikutin apa yang mereka bikin, kenapa kita nggak coba cara sebaliknya? Bisa juga kan? Lagian, jaman sekarang udah nggak kenal batasan lagi. Kita bisa ciptain tren kita sendiri lewat aplikasi kaya Tik Tok gini. 

Pop Patriotics, menurut kalian video-video apa sih yang bisa bikin Indonesia makin dikenal lewat sosial media? Salah satunya Tik Tok, contohnya aja kita bikin gerakan template buat lagu daerah biar diikutin banyak orang di Tik Tok, dan akhirnya jadi viral. Siapa tau aja, kita sebagai anak muda Indonesia juga bisa ciptain tren kita sendiri yang nantinya diikutin sama negara lain. 

Yuk, kita jadi anak muda yang beljar ngeliat peluang dan kesempatan buat jadi makin berguna buat bangsa kita sendiri. 

Comments

Recomended Articles