damniloveindonesia
damniloveindonesia
9 Anak Muda Indonesia Zaman Now Yang Mengharumkan Nama Indonesia di Dunia!
27 Oct 2017
Posted By Damn! I Love Indonesia
 

Sebentar lagi nih, Pop Patriotics, kita, warga negara Indonesia bakal merayakan hari lahirnya Sumpah Pemuda. Pada tau dong? Yup, tepat di tanggal 28 Oktober, lahir salah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia.

28 Oktober 89 tahun lalu, lahir keputusan yang menegaskan cita-cita akan ada “tanah air Indonesia”, “bangsa Indonesia”, dan “bahasa Indonesia”. Nah kala itu, emang ada pemuda-pemuda yang punya semangat buat menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia. Zaman now, atau zaman sekarang, negara udah berdiri, udah merdeka, tapi apakah ada pemuda-pemuda yang (masih) bersemangat buat membangun lagi Indonesia?

Tentu aja ada! Emang sih bentuknya nggak sama kayak Moehammad Yamin yang merumuskan Kongres Sumpah Pemuda, tapi ada “bentuk” lain yang sama-sama membanggakan kok! Kayak prestasi anak-anak muda Indonesia berikut yang mengharumkan nama Indonesia dan diakui dunia. Check these awesome people out!

1. I Made Sanadhi Sutandi

Sanadhi ini adalah mahasiswa Teknik Komputer Fakultas Teknik Universitas Indonesia atau FTUI yang berhasil terpilih dari ribuan peserta buat magang di CERN atau Conseil Européen pur la Recerche Nucléraire. CERN ini merupakan fasilitas penelitian komputasi dan ilmu fisika terbesar di dunia lho, Guys. Salah satu kontribusinya yaitu di penemuan teknologi World Wide Web atau yang kita kenal sebagai WWW. Keren banget ‘kan!


Image: https://anekainfounik.files.wordpress.com

2. Eni Lestari

Eni adalah seorang buruh migran yang bekerja di Hongkong. Tapi, Pop Patriotics tau nggak sih, kalo Eni juga menjabat sebagai pemimpin dari organisasi International Migrant’s Alliance atau IMA yang adalah aliansi buruh internasional yang punya anggota 120 organisasi buruh dari 19 negara di Asia, Afrika, dan Amerika Latin. Eni dikenal sebagai pejuang yang menyuarakan hak-hak buruh migran di seluruh dunia biar punya kehidupan yang baik dan layak. September 2016 lalu nih, Guys, Eni terpilih jadi pembicara di pidato KTT PBB di Amerika Serikat yang membahas isu tentang buruh migran dan pengungsi. You rock, Eni!


Image: https://cdn.tmpo.co 

3. Cendekiawan Suryaatmadja

Ini nih anak muda dari Indonesia yang adalah mahasiswa termuda yang udah diterima di Universitas Waterloo, Kanada, jurusan Fisika! Cendekiawan udah nyelesain pendidikan SD sampai SMA dan punya IQ 189. Coba tebak Cendekiawan ini umur berapa?


Image: http://beritatrans.com

4. Ferry Unardi

Hayooo, Pop Patriotics yang suka jalan-jalan pasti tau deh sama situs Traveloka. Yup, situs perjalanan terbesar di Indonesia ini adalah milik Ferry Unardi! Sebelum jadi pengusaha sukses, Ferry lulus kuliah dari Computer Science di Purdue University dan kemudian bekerja di Microsoft Seattle. Kemudian Ferry ngelanjutin kuliah di pendidikan MBA, Harvard. Tapi tau nggak sih Pop Patriotics, Ferry berhenti kuliah MBA-nya buat membangun bisnis start-up di bidang reservasi pesawat. Abis itu, Pop Patriotics tau ‘kan lanjutan kisahnya.


Image: http://cdn1-a.production.images.static6.com 

5. Riyan Riyadi

Ini nih, salah satu pelukis mural Indonesia yang kiprahnya nggak usah diragukan lagi. Dengan karakter The Popo, Riyan menyuarakan isu-isu sosial dan pemerintahan lewat kata-kata ‘nyentil’ di setiap karyanya. Udah dari sejak 2008 Riyan memamerkan karyanya di berbagai ajang. Ada yang di RURU Gallery, Soemardja Gallery, sampai Berlin Street Art dan Singapore Art Museum!


Image: http://cdn.img.print.kompas.com

6. Tesla Manaf

Salah satu gitaris Indonesia yang mendunia ya Tesla ini! Yup, gitaris bergenre akustik progesif atau neoklasik dalam aliran musik jazz ini udah menarik minat sebuah perusahaan rekaman MoonJune Records di New York, Amerika Serikat lho! Gimana nggak tertarik, Tesla ini mengkolaborasikan musik jazz dengan gamelan dengan cara unik. Wow!


Image: http://pojoksatu.id

7. Rini Sugianto

Pop Patriotics tau dong sama film The Hobbit, Avengers, Hunger Games, dan Dawn of the Planet of The Apes? Nah itu adalah film-film karya animator Indonesia, Rini Sugianto yang tergabung dalam tim internasional tersebut. Rini pernah tinggal di Selandia Baru sekitar 3,5 tahun untuk menggarap serial The Hobbit yang fenomenal itu. Psst… Rini juga dikontak buat menggarap film The Ninja Turtles lho.


Image: https://gdb.voanews.com

8. Tex Saverio

Nah ini nih, perancang busana yang punya julukan ‘Alexander McQueen’-nya Indonesia. Nggak berlebihan sih, soalnya rancangan Tex Saverio ini glamor dan fenomenal! Sampai-sampai gaunnya pernah dipakai sama Jennifer Lawrence di film Hunger Games: Catching Fire dan karya La Glacon-nya pernah dipakai sama Lady Gaga di salah satu photoshoot bersama Harper’s Bazaar 2011 lalu. Tahun 2013 Tex juga tampil di Paris Fashion Week sebagai satu-satunya desainer Indonesia.

 

Image: http://www.dewimagazine.com 

9. Daniel Mananta

Last but not least, siapa lagi kalau bukan Daniel Mananta? YupCEO dan Founder dari Damn! I Love Indonesia ini nggak berhenti-berhenti menyuarakan semangat patriotisme buat seluruh anak muda Indonesia dengan cara yang urban, modern, dan revolusioner. Makanya di tanggal 28 Oktober 2008, tepat di hari Sumpah Pemuda juga, Daniel Mananta mendirikan Damn! I Love Indonesia, label pakaian ready-to-wear pertama di Indonesia yang bertujuan mempromosikan keindahan Indonesia, baik dari kultur dan budaya ke dunia. And guess whatDamn! I Love Indonesia yang #KiniSudahSembilan nggak bakal capek-capek buat terus menyuarakan semangat patriotisme anak muda biar nama Indonesia selalu bergaung di kancah internasional.


Image: https://assets-a1.kompasiana.com

 

Nah itu tadi Pop Patriotics, sembilan anak muda yang super kece, sama-sama punya semangat kayak pemuda-pemuda yang 89 tahun lalu menyuarakan semangat cinta Tanah Air! Tanah air yang satu, bangsa yang satu, bahasa yang satu: Indonesia!



COMMENT


Egy Maulana Masuk List 60 Pemain Muda Terbaik Dunia! ❮ Prev Article
Tahun Ini, Presiden Jokowi Kembali Anugerahkan Gelar Pahlawan Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Tee Sign Junior Red HD Wh...
IDR IDR 220.000
Sticker Sign Yellow Mediu...
IDR IDR 30.000
Tee Female Damn! I Love M...
IDR IDR 220.000
Sticker Sign Damn! Red Ho...
IDR IDR 15.000