damniloveindonesia

7 Penulis Indonesia yang Bisa Tingkatkan Minat Baca


23 Apr 2018

Posted By Damn! I Love Indonesia

 

Selamat Hari Buku Internasional Pop Patriotics!

Walau Indonesia masih tetap berada di tingkatan bawah sebagai negara yang punya minat baca paling kecil. Tapi selalu ada terang dalam gelap kok, selalu ada harapan untuk bisa ningkatin minat baca ini dengan berbagai novel-novel dari penulis Indonesia yang ternyata masih bisa lho jadi best seller di negeri sendiri.

Makanya, kali ini, Damn! mau ngebahas penulis-penulis yang buku-bukunya jadi langganan best seller itu. Siapa aja mereka? Mari baca di sini.

1.       Dewi “Dee” Lestari

Perahu Kertas, Rectoverso, Filosofi Kopi, dan yang paling baru judul-judul itu tentu udah nggak asing lagi dong buat kamu Pop Patriotics!? Yep, itu judul-judul film adaptasi dari novel karya Dewi “Dee” Lestari yang jadi best seller di berbagai toko buku Indonesia, baik itu sebelum atau setelah filmnya. Hm, ada yang jadi favorit kamu nggak nih? Eits, masih ada yang baru lagi lho, Aroma Karsa. Udah pada baca belum nih?

sumber: Instagram/deelestari

2.       Raditya Dika

Youtuber, selebtweet, komika, you named it. Raditya Dika udah melanglang buana di berbagai kanal sosial media Pop Patriotics!. Dikenal dari buku pertamanya, Kambing Jantan, setiap buku hasil dari “curhatan” Dika ini selalu ditunggu-tunggu sama penggemarnya. Damn! juga salah satu penggemar penulis satu ini lho. Soalnya relate banget sih sama kehidupan sehari-hari.

sumber: Instagram/raditya_dika

3.       Andrea Hirata

Nah, penulis satu ini termasuk yang harus kita apresiasi karena dari novelnya, Laskar Pelangi,  bisa ngangkat Bangka Belitung jadi salah satu destinasi wisata pantai yang dikenal masyarakat selain Bali. Selain Laskar Pelangi masih ada beberapa novel lain karya Andrea Hirata, yaitu Sang Pemimpi, Edensor,  dan Maryamah Karpov sebagai bagian dari tetralogi Laskar Pelangi.

sumber: Instagram/hirataandrea_

4.       Pidi Baiq

Film Dilanku 1990 yang booming banget di awal tahun ini lahir dari tangan penulis satu ini nih Pop Patriotics!. Sering disapa Ayah Pidi, Dilan bukan satu-satunya “anak” yang lahir dari Ayah. Masih ada Dilan bagian kedua, Milea: Suara dari Dilan dan beberapa novel terbitan tahun 2008-2009, yaitu serial Drunken Monster, Drunken Molen, Drunken Mama dan Drunken Marmut.

sumber: whiteboardjournal.com

5.       Tere Liye

Kalau Pop Patriotics suka dengan bacaan yang pop dengan tema isu-isu yang terjadi di masyarakat, Tere Liye ini cocok banget buat kamu. Beberapa novelnya seperti Negeri Para Bedebah, Negeri di Ujung Tanduk, Pulang, Bumi dan beberapa novel lain bertema seperti itu. Selain itu, banyak adegan-adegan  “action” di dalamnya. Eits, tapi ada juga kok yang melankolis abis kayak Senja Bersama Rosie dan Rindu.

sumber: Tribun Jogja

6.       Ika Natassa

Kalau penulis yang ini pernah kerja sama dengan Twitter lho Pop Patriotics! buat bikin “cerpen” di Twitter dengan ngandelin Twitter Poll. Keren nggak tuh? Dan akhirnya dari kerja sama itu lahirlah novel Architectur of Love. Tapi nggak cuma itu doang lho novel Ika Natassa yang “lahir” dari Twitter. Masih ada Twivortiare yang ceritanya merupakan kumpulan dari tweet-tweet dari Alexandra, tokoh utama dalam novel Divortiare, novel pertama Twivortiare. Hm, cara yang nggak mainstream ya buat bikin novel J

sumber: Instagram/Ikanatassa

7.       Eka Kurniawan

Nah, kalau penulis satu ini tulisannya sastra banget Pop Patriotics!. Isu-isu yang diangkat Eka juga masih seputar dunia sosial. Eits, tapi nggak sosial ibukota ya, karena banyak peran utamanya yang merupakan pekerja jalanan. Supir truk, penggembala babi, pekerja seks komersial, dan beberapa pekerjaan lain. Hm, tapi nggak usah takut bingung baca bukunya karena alur dan cara bertutur Eka nggak sesulit itu kok J

sumber: Instagram/mfimages

Nah, udah ada 7 penulis yang Damn! rekomendasiin buat kamu di Hari Buku Internasional ini, udah nggak ada alasan lagi doang buat males baca. Yuk, share di sini siapa yang udah jadi favorit kamu J



COMMENT


Perempuan-perempuan Inspirator versi Damn! ❮ Prev Article
Wow, Mantan Ibu Negara Indonesia ini Masuk 100 Orang Berpengaruh Versi Majalah Time Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Tee Signature Blue HD Red...
IDR IDR 220.000
Long Belt Signature Black...
IDR IDR 150.000
Sticker Sign Damn! Green ...
IDR IDR 35.000
Damn! Signature Japan Red...
IDR IDR 230.000