streatwear indonesia

Ivan Lanin, Bukan Grammar Nazi, Tapi Pencinta Bahasa Indonesia

04 May 2018

 

Kalau kamu ngaku orang Indonesia, harusnya tau nih sama sosok satu ini. Namanya udah wara-wiri banget di media sosial Twitter, Ivan Lanin.

Ivan Lanin ini pegiat Bahasa Indonesia Pop Patriotics!. Tapi, dikutip dari Gatra.com dia nggak mau dijuluki sebagai polisi bahasa ataupun dokter bahasa. “Saya lebih cenderung menempatkan diri saya sebagai penasehat bahasa.” katanya.

Hidup di zaman yang semuanya serba digital dan dunia yang udah berubah menjadi global village mau nggak mau memaksa kita untuk bisa menguasai bahasa asing. Tapi hal tersebut nggak jadi alasan dong buat kita sebagai orang Indonesia untuk nggak kenal dengan bahasa sendiri.

Kemudahan di bidang digital dari global village ini patut kita syukuri, karena kita jadi bisa mengenal Ivan Lanin. Di akun twitternya @ivanlanin, pria yang biasanya dipanggil Uda ini sering membagikan kata-kata yang jarang banget didengar dikeseharian masyarakat.


Misalnya aja kata “lejar” yang artinya lelah sekali, “rodan” yang artinya sakit sekali, “rudin” yang artinya miskin sekali dan beberapa kata lain. Pop Patriotics pernah dengar nggak kata-kata yang barusan Damn! kasih tau?


Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar sudah gencar juga dilakukan di media-media tanah air. Misalnya, kata perundungan sebagai ganti kaya bullying atau penggunaan kata swafoto untuk menggantikan kata selfie.

Menurut Damn! sendiri, Uda Ivan Lanin ini memiliki jasa besar dalam mengedukasi para pengikutnya di Twitter. Dengan berbagai informasi yang dia bagikan dan tips-tips serta wejangan yang selalu terselelip di berbagai twit, nggak ada salahnya lho kamu menengok akun ini di Twitter.

Tapi nggak usah segan apalagi deg-degan dengan Uda satu ini, karena ketampanan dan kesahajaannya tak membuat dia menjadi pengkritik bahasa Indonesia yang kamu gunakan guys, tapi dia mengajak kita untuk belajar bersama menjadi lebih baik dengan saling memberi contoh J

SHARE & COMMENT