streatwear indonesia

Rama dan Shinta: Apa Arti Sebuah Pengorbanan?

11 Feb 2019

 

Mengapa mereka di hutan?

Rama-shinta-cinta


Hai Pop Patriotics! Sebentar lagi Hari Valentine loh! Gimana, udah pada nyiapin kado atau rencana sama pasangan atau gebetan belum? Bagi yang belum, kalau mau, kaos pasangan yang mirip juga bisa kalian dapatkan di Damn! I Love Indonesia loh!


Untuk hari ini, kami ingin bercerita tentang pengorbanan seseorang untuk cinta yang ia rasakan. Legenda Rama dan Shinta ini memang sudah terkenal sebagai kisah cinta yang.. Legendaris (hehehe). 


Di awal ceritanya, untuk memenangkan hati Shinta, ia mengikuti sayembara di Mithila dimana ia harus bisa mengangkat dan membengkokkan busur Siwa, sang dewa pelebur. Bukan hanya berhasil mengangkat dan membengkokkan, dia berhasil mematahkan busur tersebut menjadi tiga bagian. Ia menang melawan seorang raksasa yang bernama Rahwana, yang juga menginginkan hati Shinta. Disini Rama menunjukkan kebolehannya menghindari patah hati dengan mematahkan busur Siwa.


Kelanjutan dari cerita Rama dan Shinta yang notabene sudah resmi menikah akhirnya tinggal di hutan. Mengapa mereka di hutan? Ada dua versi nih! Yang satu berkata bahwa mereka memang bertujuan untuk berburu disana, ada satu versi lain yang mengatakan mereka kesana karena dibuang oleh Kekayi (bibi dari Rama) selama 14 tahun.


Rama-shinta-cinta

Foto oleh azizahkartika


Di tengah perjalanan mereka, juga ada kasus Shinta yang terpesona kepada pandangan pertama melihat sebuah kijang emas yang sebenarnya adalah jelmaan dari anak buah dari Rahwana! Ternyata Rahwana belum menyerah mendapatkan Shinta. Tapi untuk yang kali ini dia agak memaksa! Sulit move on kelihatannya. 


Shinta yang meminta Rama untuk menangkap kijang itu ditinggal sendirian, dan Rahwana pun berusaha menculik Shinta namun tidak berhasil-berhasil. Singkat cerita, setelah menjelma menjadi seorang yang membutuhkan bantuan, kebaikan hati Shinta menjadi pedang bermata dua dan ia pun berhasil diculik oleh Rahwana. 


Rama yang semakin mendekati kijang yang berlari cepat itu kaget ketika kijangnya menjelma kembali menjadi bentuk aslinya: seorang raksasa! Dalam rasa terkejutnya, ia mengeluarkan pedang dan membunuh siluman kijang itu! Setelah kembali, rasa terkejut Rama tak kunjung berakhir karena ia menemukan Shinta tidak ada di tempat mereka tinggal! Dimanakah Shinta? Sudah jauh berada di istana Rahwana.


Bagaikan Mario yang tidak menyerah karena Princess Peach diculik oleh semacam kura-kura raksasa Bowser, Rama pun segera pergi bersama Laksmana (adiknya) dari sungai-sungai, lembah-lembah, dan gunung yang tinggi untuk mendapatkan kembali Shinta yang diculik oleh Rahwana!


Untuk mendapatkan kembali Shinta dari rebutan Rahwana, Rama tidak sendiri. Karena Rahwana begitu kuat di dalam istananya, lengkap dengan pasukan yang tak kunjung ada habisnya dan melihat kebaikan Rama, Dewa Indra sendiri pun turun tangan dan memberikan kereta perangnya kepada Rama. Akhirnya, Rama melepaskan senjata Brahma Astra yang berhasil mengalahkan Rahwana! Bagaikan film aksi yang megah dengan adegan perang yang luar biasa, Rama berhasil mengalahkan lelaki yang menculik istrinya hingga titik darah penghabisan.


Rama-shinta-cinta

Foto oleh pasramanganesha


Pengorbanan Rama, dari ia yang mencari Shinta, rasa adilnya, dan ketulusan hatinya lah yang membuat ia dibantu oleh banyak kaum dan akhirnya berhasil dalam misinya. Bagaimana menurut kalian? Pengorbanan apa yang akan kamu lakukan untuk orang-orang terkasihmu?

SHARE & COMMENT