streatwear indonesia

Charles Adriaan van Ophuijsen, Si Penoelis Edjaan Lama

18 Feb 2019

 

van-ophuijsen-ejaan-lama

Foto oleh monitorkini

Hai Pop Patriotics! Kamoe bisa membatja artikel djika ditoelis seperti ini tidak? Djadi tjeritanja, djaman dahoeloe itoe ada seorang Belanda jang bernama Charles Adriaan van Ophuijsen jang memboeat pembakoean edjaan Bahasa Indonesia di tahoen 1901.

Bagaimana? Si penulis artikel jujur saja agak bingung membaca tulisan seperti itu. Jadi benar ceritanya, di saat pembakuan ejaan Bahasa Indonesia lebih dari seratus tahun lalu, jauh sebelum kita memakai ejaan yang disempurnakan (EYD) yang kita pakai sekarang ini, Charles Adriaan van Ophuijsen dengan Engku Nawawi gelar Sutan Makmur dan Moh. Taib Sultan Ibrahim membuat pembakuan yang dinamakan Ejaan Van Ophuijsen!


Kisah dari van Ophuijsen sendiri tak kalah menarik, seorang Belanda yang lahir di Solok, Sumatera Barat di tahun 1856. Dari kecil, ia memang gemar mempelajari bahasa-bahasa dari berbagai dialek dari suku-suku yang ada di Hindia Belanda (nama negara Indonesia saat jajahan Belanda).


van-ophuijsen-ejaan-lama
Foto oleh putramelayu

Di tahun 1879, ia menerbitkan buku yang berjudul Kijkjes in Het Huiselijk Leven Volkdicht atau dalam Bahasa Indonesia: Pengamatan Selintas Kehidupan Kekeluargaan Suku Batak). Kemudian di tahun 1896, ia menyelesaikan buku Ejaan Van Ophuijsen yang lima tahun kemudian diakui oleh pemerintah kolonial Belanda.

Setelah berhasil memberikan kontribusi kepada bahasa yang akhirnya mengalami perubahan sehingga kita bisa bertutur kata, menulis, dan membaca seperti sekarang, van Ophuijsen diangkat menjadi guru besar ilmu bahasa dan kesusasteraan Melayu di Universtas Leiden (ini juga tempat Einstein pernah bersekolah lho!) di tahun 1904. Kemudian ia menerbitkan buku yang berjudul Maleische Spraakkunst atau Tata Bahasa Melayu di tahun 1910.

Kisahnya memang tak berlangsung lama karena tujuh tahun setelah ia merilis Tata Bahasa Melayu ia meninggal di Leiden pada tanggal 19 Februari.

van-ophuijsen-ejaan-lama

Bagaimana dengan kalian? Apa kalian bisa sehari penuh mengetik dan menulis dengan menggunakan ejaan lama? Coba tulis nama dan asal kalian di kolom komen di bawah ini menggunakan ejaan lama!
SHARE & COMMENT