streatwear indonesia

Inilah 9 fakta menarik Najwa Shihab, Jurnalis Ternama Indonesia

26 Feb 2019

 


Halo Pop Patriotics! Kenal dengan orang diatas ini nggak? Bagi yang suka mantengin dia pasti udah tau banget sama keadaan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia! Banyak juga cerita-cerita seru di acara Mata Najwa yang memberikan kita wawasan dan pengertian baru tentang tokoh-tokoh yang tidak biasa kita kenali.


Berikut 10 fakta menarik mengenai Najwa Shihab!

1. Nama panggilannya Nana

Najwa Shihab yang merupakan putri kedua ini memiliki nama panggilan yang lucu, yaitu Nana!


2. Lulusan Hukum

Ia merupakan alumnus dari fakultas hukum Universitas Indonesia (FHUI), sebelum merintis karirnya sebagai jurnalis di stasiun televisi RCTI.


3. Awalnya berminat besar di bagian jurnalistik

Meskipun lulusan fakultas hukum, ia lebih tertarik di bagian jurnalistik dan setelah beberapa waktu di RCTI, ia pindah ke Metro TV. Bahkan dari sana ia mendapatkan penghargaan sebagai jurnalis terbaik.


4. Lahir di Makassar

Kehidupannya sebelum ia menjadi tenar, bahkan sebelum ia menjadi mahasiswa di Universitas Indonesia, juga sempat ikut dalam program AFS dan Bina Antarbudaya, sebuah organisasi nirlaba yang mengirimkan murid-murid ke luar negeri untuk mempelajari budaya dan pengetahuan lainnya.


5. Merupakan anak Profesor Dr. H. Muhammad Quraish Shihab

Quraish Shihab adalah seorang cendekiawan Muslim yang juga pernah menjabat sebagai Menteri Agama di Indonesia. Sebagai penulis, beliau juga telah menerbitkan lebih dari 65 karya!


najwa-shihab-jurnalis-menang-penghargaan
Foto oleh TribunNews


6. Mendirikan Narasi TV

Selain pekerjaannya sebagai jurnalis, Najwa Shihab juga mendirikan Narasi TV, yang menjadi ruang kerja bagi anak muda dan menyalurkan karya mereka. Mereka bergerak di bidang membuat program perbincangan, reportase, kemasan dokumenter, opini dan ruang interaksi, dan juga mengelola komunitas.

7. Menang banyak penghargaan!

Dihitung Najwa Shihab memiliki lebih dari 20 nominasi dan memenangkan 2 Panasonic Gobel Awards juga!

8. Menjadi Duta Baca Indonesia dan Duta Pustaka Bergerak

Sejak tahun 2016 hingga tahun 2020 nanti, ia ditunjuk sebagai Duta Baca Indonesia oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Tujuannya adalah untuk meningkatkan minat pembaca di Indonesia dan mendirikan lebih banyak perpustakaan bergerak.

9. Sering mewawancarai tokoh-tokoh penting

Mulai dari presiden Indonesia hingga pemain sepak bola David Beckham pernah diwawancarai olehnya! 

najwa-shihab-jurnalis-menang-penghargaan

Bagaimana dengan kalian? Apa kalian juga sering menonton Mata Najwa di televisi? Apa kalian juga memiliki minat jurnalistik? Tentu saja Najwa Shihab menjadi kebanggaan Indonesia dalam memberitakan kebenaran ke publik, apakah kalian akan mengikuti jejaknya?
SHARE & COMMENT