damniloveindonesia

"Sentuhan" Indonesia di Oscar 2016


02 Mar 2016

Posted By Damn! I Love Indonesia (Ester Pandiangan)

 

Buat fansnya Leonardo Dicaprio, penantian selama ini akhirnya terwujud!! Say bye bye buat meme-meme dan jokes untuk Leo. Pemeran The Revenant ini meraih Oscar pertamanya untuk kategori Best Actor! Bahkan pidatonya juga mengundang standing applause buat penonton yang hadir di perayaan Oscar dan juga yang nontonnya hanya lewat tivi hehehe. Sensasi yang kurang lebih sama dirasakan penggemar film Spotlight ketika film ini dinobatkan sebagai film terbaik.

image: http://1.bp.blogspot.com/

Well, di balik kemeriahan dan euforia menggelora di perayaan Oscar 2016 ini nggak lepas dari “sentuhan” Indonesia juga lho! Pertama nih, ternyata dekorasi ruangan perayaan Oscar kemarin didesain oleh Irma Hardjakusumah, desainer Indonesia lulusan Universitas Indonesia jurusan Arsitektur yang sekarang menetap di Los Angeles. Dan ini bukan kali pertamanya aja mendesain ruangan perayaan prestisius tersebut tapi juga di tahun 2002, 2003, 2009 dan 2015. Kalau tahun lalu Irma memberikan sentuhan old style tahun ini Irma mengombinasikan seni karikatur pada desain ruangan sesuai dengan permintaan pihak penyelenggara.

image: http://media.suara.com/

Sentuhan Indonesia lain adalah salah satu nominasi untuk kategori Best Documentary Feature di ajang Oscar 2016 yang mengambil setting Indonesia, yaitu The Look of Silence. Film ini secara spesifik membahas pengalaman Adi Rukun yang keluarganya merupakan korban pembunuhan karena dianggap sebagai simpatisan PKI. Peristiwa ini terjadi di salah satu desa di perkebunan Sumatera Utara. Adi Rukun juga hadir dalam perayaan akbar tersebut dan sempat terekam kamera sedang duduk bersama penonton yang lain menyaksikan pengumuman nominasi dan pemenang.

image: facebook Joshua Oppenheimer 

Sebenarnya bukan kali ini aja film dengan setting Indonesia dan tema yang sama mendapatkan nominasi Oscar. Di tahun 2014, sekuel pertama film ini yang judulnya The Act of Killing juga sukses meraih nominasi Best Documentary Feature. Selain Oscar, film yang disutradarai oleh Joshua Oppenheimer ini sudah banyak meraih penghargaan internasional di ajang bergengsi lainnya. Meski begitu nih, kedua film ini sampai sekarang masih menjadi pro-kontra di Indonesia sendiri. Sudah nonton filmnya, Pop Patriotics?


COMMENT


Memajukan Kuliner Tradisional Solo dengan Cara Modern ❮ Prev Article
Belajar Dari 6 Perempuan Tangguh Indonesia Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Tee The Proclamator Misty...
IDR IDR 265.000
Strap Bag Signature Black...
IDR IDR 120.000
Damn! Signature Pin Korea...
IDR IDR 25.000
Tee Signature Patch Garud...
IDR IDR 220.000