streatwear indonesia

Hidupkan Kembali Dongeng Indonesia

14 Mar 2016

 

Timun Emas, Tangkuban Perahu, Legenda Danau Toba, Malin Kundang, Pop Patriotics masih ingat dengan cerita-cerita itu? Sebagian orang menyebutnya legenda/mitos tapi buat sebagian lain menganggapnya sebagai kisah yang diceritakan turun-temurun. 

image: i.ytimg.com

Setiap daerah di Indonesia memiliki ceritanya masing-masing sesuai dengan adat-istiadat dan kebudayaan setempat. Dan biasanya setiap cerita terselip pesan moral. Sayangnya nih, kebiasaan mendongeng sudah jarang dilakukan. Padahal sebenarnya, mendongeng nggak hanya melestarikan kebudayaan Indonesia melainkan juga sebagai terapi trauma. Informasi ini D! dapat dari Ariyo sebagai penggagas Ayo Dongeng Indonesia. “Makanya ketika bencana tsunami di Aceh kemarin, salah satu terapi yang dilakukan untuk menyembuhkan trauma anak-anak di sana adalah dengan mendongeng,” cerita Ariyo.

Cara mendongeng juga bukan bercerita biasa tetapi ada tekniknya. Salah satunya mengambil tema cerita sesuai dengan hal traumatik yang dialami anak. Tema-tema tersebut diceritakan berulang tanpa mengatakan langsung mengenai apa yang harus dan nggak harus dilakukan. Kemudian juga diiringi praktiknya yang berkaitan dengan trauma tersebut. Misalnya seorang anak trauma dengan air. Kita bisa mulai cerita tentang hal-hal yang berkaitan dengan air. Kalau air adalah sumber kehidupan dengan tokoh-tokoh binatang di dalamnya.

Bercerita tentang Ayo Dongeng Indonesia, komunitas ini berdiri sejak 2011 dan dibentuk untuk menghidupkan kembali dongeng/cerita rakyat Indonesia. Aktivitas komunitas ini lebih ke kegiatan sosial di rumah sakit, panti asuhan ataupun event-event bercerita lainnya. Di tahun 2013 dan 2014 Ayo Dongeng Indonesia menggelar Festival Dongeng Indonesia sedang di tahun 2015 Festival Dongeng Internasional Indonesia dengan mendatangkan story teller dari India, Singapura dan Malaysia. Rencananya, festival ini bakal rutin diadakan. 

“Kita tergabung dengan komunitas story teller dunia jadi nggak ada salahnya juga kita sharing kebudayaan dengan negara lain,” kata Ariyo. Hal yang sama juga terjadi, ketika Ariyo diundang menghadiri festival dongeng di Thailand baru-baru ini. Dia membawakan cerita rakyat dari Jawa Tengah mengenai gerhana dan Putri Mandalika yang merupakan cerita rakyat dari Lombok. 

“Nah, ketika mendongeng juga kita selalu mengaitkannya dengan moment yang berdekatan. Kemarin saya membawakan cerita tentang gerhana dan Putri Mandalika karena di Indonesia sedang terjadi gerhana dan menjelang festival Putri Mandalika di Lombok,” Ariyo menjelaskan. Selain menggelar event, Ayo Dongeng Indonesia juga mengadakan pelatihan buat orang-orang yang ingin belajar bagaimana caranya mendongeng yang baik. “Sebenarnya mendongeng itu nggak selamanya membutuhkan alat bantu atau boneka tangan. Dengan gaya penceritaan yang menarik dan memang ada kemauan pasti bisa kok,” tambah Ariyo. Tertarik, Pop Patriotics? 

SHARE & COMMENT