streatwear indonesia

Puisi dari 6 Penyair Indonesia yang Akan Mengingatkan Kamu Pada Seseorang yang Pernah Singgah di Hati...

22 Mar 2016

 

Kenapa orang membaca puisi? Salah satunya karena lewat puisi kita bisa menikmati hal yang menyedihkan sekalipun dengan cara yang kreatif. Kata orang-orang yang mellow dan sensitif sih, menulis puisi itu sama dengan merayakan kesedihan. Kamu setuju nggak, Guys? Eniwei, kemarin (21/3) adalah Hari Puisi Internasional. D! mau share beberapa profil penulis-penulis puisi andalan Indonesia, nih!

Kita punya banyak penyair yang karyanya nggak kalah dengan pujangga dunia lho! Dulu kita punya Chairil Anwar yang terkenal dengan “aku ini binatang jalang dari kumpulan yang terbuang,” atau sesepuh penyair Indonesia Sapardi Djoko Damono yang terkenal dengan lariknya, “aku ingin mencintaimu dengan sederhana dengan kata yang tak sempat diucapkan kayu kepada api yang menjadikannya abu…”

Mungkin kamu familiar dengan penggalan-penggalan puisi yang D! sebutkan tadi. Tapi masih banyak penyair Indonesia dengan ragam kreativitas yang akan memperkaya pengetahuan sastra kamu. Dan tentunya akan membawa kamu ke kenangan masa lalu ciee...

1. Aan Mansyur


image: http://us.images.detik.com/


Kenapa kita harus baca puisi-puisinya Aan Mansyur? Selain dia adalah pembuat puisi di Ada Apa Dengan Cinta 2so buat kamu yang udah rada bosan mengulang puisi-puisi Rangga yang udah 14 tahun lalu silahkan up date puisi-puisi terbaru Rangga yang dibikin oleh Aan Mansyur. Melihat Api Bekerja, Sudahkah Kau Memeluk Dirimu Hari Ini? adalah dua buku puisinya. Kalau masih penasaran dengan puisi-puisinya Aan Mansyur, intip aja tweet-nya di @hurufkecil. 

D! kasi teaser-nya ya..

Menjadi Lumba-lumba

 Aku pernah punya mimpi. Kau menulis angka-angka

penanda dibahuku, semacam tato permanen. Aku juga

menulis angka-angka serupa diperutmu, dan kau tertawa.

Ujung pisau yang aku gunakan menulis membuat rahimmu

geli. Kita telanjang, bergandengan tangan, berjalan dalam

dan tiba di tebing, lalu aku terjun ke sungai tapi kau

tidak.

 

Kelak, pada satu hari Sabtu, saat kau sibuk di kantor, aku

mencium pucuk hidung anak-anakmu di bibir kolam renang.


2. Gunawan Maryanto


image: upload.wikimedia.org

Buat kamu yang benar-benar in to budaya Jawa, wajeeeeb membaca karya-karya puisi Gunawan Maryanto yang banyak banget terinpirasi dari cerita pewayangan. Salah satu kumpulan puisinya yang paling cetar adalah The Queen of Pantura. Karya-karyanya juga bisa dinikmati di tweet-tweet-nya di @gunawanmaryanto.

Coba deh baca puisinya ini..

Perkara Lama

Aku jatuh cinta sekeras penolakanku atasnya

Pada ranting dan padang pasirmu

Pada keras dan rapuhmu

Pada angin yang menghadirkan bau tubuhmu

Ini hanya perkara lama yang tak pernah selesai


3. Joko Pinurbo 


 image: i.ytimg.com


Joko Pinurbo atau biasa dipanggil Jokpin sering menggunakan kata-kata sederhana untuk menyelesaikan puisi-puisinya. Pernah mendapat penghargaan puisi terbaik oleh Dewan Kesenian Jakarta. Karya-karyanya bisa dilihat di bukunya Kepada CiumBaju Bulan dan Surat Kopi. Penggalan puisi yang D! lampirkan di bawah ini pernah dibawakan Jokpin pada acara Wisata Sastra di Jogja 2015 lalu dan mendapat sambutan hangat dari mahasiswa/wi di sana. Hmmm..

Malam Pertama

Lalu ibu menjebloskanku ke sekolah. 

Bertahun-tahun 

aku belajar bahasa yang baik dan benar hanya 

untuk bisa mengucapkan cinta monyet dengan lugu 

dan malu-malu tanpa menyadari bahayanya

Setelah dewasa aku paham bagaimana menyatakan

 cinta tanpa harus mengatakannya.


4. Mario F. Lawi


image: flickr.com

Tahun 2014, Mario F. Lawi dinobatkan menjadi Tokoh Seni versi majalah Tempo khusus bidang Sastra Puisi. Kumpulan puisi Ekaristi juga menjadi Sastra Puisi Terbaik 2014. Puisi-puisi Mario yang dekat dengan nuansa religius mengingatkan kita kepada Tuhan dan kehidupan bukan hanya soal kehidupan dunia yang sekarang saja. Ada nih, Salah satu petikan puisinya yang nyesss yang berjudul Magdalena

Menangkapmu. Berkali-kali aku harus memastikan agar kau

Tak ikut tenggelam ke dalam nikmat yang mangsi. Bersusah

Aku menyelamatkanmu dari amukan para penyelam, seorang

Murid kujustru berniat menggenapimu berulang kali. Sungguh

Pintu mutak hanya menerbitkan birahi atau aroma narwastu

Yang pernah kau labuhkan di kakiku.


5. Kedung Darma Romansha


image: indonesianfilmcenter.com


Selain aktif menulis puisi dan seni teater, Kedung Darma Romansha juga beberapa kali terlibat dalam beberepa film seperti Soekarno dan Soegija. Beberapa kali meraih penghargaan puisi, buku puisinya Uterus berisi 43 kumpulan puisinya yang banyak bercerita tentang perempuan. Salah satunya interpretasinya mengenai sosok Sumbi; 

Aku dilahirkan oleh kutukan

di kulit tanah basah

Dan hutan sepi yang resah.

Sekarang aku dikutuk untuk melupakan

Lendir anjing di tubuhku

Segala darah yagn kusesalkan

Dan janji yang kuludahkan


6. Indrian Koto


Selain menyediakan buku-buku sastra di @Jualbukusastra, Indrian koto juga aktif menulis puisi dan berpartisipasi mengajak anak-anak muda Indonesia untuk mencintai sastra terutama di kota tempatnya tinggal; Yogyakarta. Berikut adalah petikan puisi dengan tema Yogyakarta. Pokoknya kalau kamu Jogja banget pasti langsung pengin buru-buru ke kota ini lagi deh!

Yogyakarta: Kelahiran Kedua

                           I

di kota ini, aku merasa kembali dilahirkan 

begitulah mungkin kita bertemu 

aku orang asing mencari persinggahan 

kau memberi tempat yang nyaman 

kumasuki lorongmu seperti remaja yang jatuh cinta 

masa lalu ditorehkan dalam grafiti 

tertulis di tembok-tembok kota, di makam-makam tua 

aku mendapati gempa yang singkat dan liar 

seperti merapi, bibirku gemetar 

aku melewati tenda pengungsian, jalan retak

rumah ambruk dengan pikiran runtuh 

setelahnya, aku merisaukan hari depan 

seperti dikurung abu dan gempa subuh 

ia datang dengan banyak rencana 

membangun tembok, menanam gedung, memanen warung cepat saji 

dan menyepakati masa depan dalam siasat ganjil 

seperti kekasih aku pun enggan melepasmu 

aku merindukan nyala lampu, jalan sepi dan daun gugur di kota baru 

dan code seperti perawan yang sedang tumbuh ketika subuh 


SHARE & COMMENT
Anonymous - Tue, 28 Aug 2018 makasih gan buat infonya dan salam sukses www.fun88indo.org www.livehktercepat.com www.pokervita.me