damniloveindonesia

Bagaimana Nasib Pengarang Lagu Garuda Pancasila?


16 May 2016

Posted By Damn! I Love Indonesia (Ester Pandiangan)

 

Garuda pancasila, akulah pendukungmu, patriot proklamasi, sedia berkorban untukmu, pancasila dasar negara, rakyat adil makmur sentosa, pribadi bangsaku, ayo maju maju, ayo maju maju, ayo maju…maju…!

image: http://img.jurnalasia.com

Masih ingat nggak Guys lagu ini? Ini adalah lagu wajib nasional yang paling sering dinyanyikan saat upacara bendera. Setiap menyanyikan lagu ini rasanya jantung ini berdentam-dentum saking semangatnya. Kamu merasakan hal yang sama? Anyway, pencipta lagu ini adalah Sudharnoto yang ternyata adalah anggota Lekra. Kalau kamu belum tahu, Guys, Lekra adalah Lembaga Kebudayaan Rakyat yang merupakan organisasi kebudayaan sayap kiri (kalau istilah wikipedianya) atau yang orang umum kenal sebagai organisasi yang terlibat dalam G30SPKI. Dan Sudharnoto bukan satu-satunya tokoh besar yang merupakan anggota Lekra, jangan lupa ada Pramoedya Ananta Toer yang quotes-nya sering kamu kutip untuk dipampang di profil media sosialmu hehehe…

image: upload.wikimedia.org

Lucunya, meski lahir dari buah tangan Lekra yang notabene berlawanan dengan orde baru justru di era orde barulah lagu Garuda Pancasila diperkenalkan dan menjadi lagu kebangsaan paling popular. Balik lagi, ngomongin soal Sudharnoto Guys,  kisah mengharukan mengiringi perjalanan hidupnya. “Peristiwa” 30 September 1965 membuat  Sudharnoto dipecat dari RRI (Radio Republik Indonesia), sempat menjadi tahanan politik di Salemba. Selepas dari tahanan, Sudharnoto berusaha menata kembali kehidupannya. Mulai dari menjadi penyalur es sampai supir taksi.

Tapi namanya juga passion, akhirnya Sudharnoto kembali lagi ke dunia musik yang dia cintai. Ada banyak film yang dia ilustrasikan musiknya, salah satunya adalah Kabut Sutra Ungu yang memenangkan Piala Citra 1980. Apa hikmah dari cerita ini, Pop Patriotics? Kita boleh dikucilkan tetapi yang namanya sebuah karya yang luar biasa akan tetap diakui sepanjang masa meski melewati rezim apapun. Setuju, Pop Patriotics?


COMMENT


SMA = Saatnya Menentukan Arah. Setuju Nggak? ❮ Prev Article
Cerita Tentang Polisi Ini Harus Dijadiin Film Hollywood! Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Tee Petruk Is Back Black ...
IDR IDR 250.000
Damn! Signature Pin Korea...
IDR IDR 25.000
Tee Classic Black/White M...
IDR IDR 230.000
Tee 1945 Pride White Fema...
IDR IDR 280.000