damniloveindonesia
damniloveindonesia
Cerita Tentang Polisi Ini Harus Dijadiin Film Hollywood!
16 May 2016
Posted By Damn! I Love Indonesia (Ester Pandiangan)
 

Ketika kamu mengalami krisis kepercayaan kepada dunia kepolisian Indonesia, ada satu tokoh di dunia kepolisian Indonesia yang bikin kamu merinding dan ngomong, “Damn! Ini keren banget andai aja semua polisi di Indonesia kayak begini!” Dia adalah Hoegeng Imam Santoso, Kapolri ke 5 (1968 – 1971) atau biasa dipanggil Hoegeng. Apa yang membuat perjalanan hidup Hoegeng patut difilmkan Hollywood nggak lain adalah sepak terjang serta kejujurannya dalam menegakkan keadilan di Indonesia.

Salah satu kasus fenomenal yang dipegangnya adalah “Sum Kuning” alias Sumarijem, perempuan penjual telur yang mengalami pemerkosaan 21 September 1970. Konon, orang-orang biadab yang memerkosa Sum Kuning adalah anak-anak pejabat dan anak dari pahlawan revolusi.

image: http://cdn.klimg.com/

Kasus Sum Kuning termasuk kasus yang sangat pelik karena ditutup-tutupi malahan Sum Kuning sempat dituduh sebagai Gerwani dan memalsukan laporan. Beberapa orang dipaksa mengaku sebagai pemerkosa Sum Kuning. “Hebatnya” lagi presiden sebelumnya Soeharto sampai meminta kasus ini ditangani Kopkamtib (Komando Pemulihan Keamanan dan Ketertiban). Hoegeng bertekad tetap menyelesaikan kasus ini sampai akhirnya 02 Oktober 1971, Hoegeng “dipensiunkan” dari jabatannya sebagai Kapolri. 

Hoegeng memang dikenal sebagai sosok yang kontra terhadap Soeharto demikian juga Soeharto menganggap Hoegeng nggak bisa diatur. Ini terlihat jelas, saat pernikahan Prabowo Subianto dan Sri Hediati Soeharto (Titik), jauh-jauh hari Soeharto sudah ancang-ancang bilang ke  Soemitro Djojohadikusumo (Soemitro dan Hoegeng teman dekat) kalau dia nggak mau Hoegeng hadir sebagai tamu di acara pernikahan tersebut.

Kasus lain yang cukup menonjol di sepanjang kariernya adalah penyelundupan mobil mewah yang dilakukan oleh Robby Tjahjadi. Kasus ini melibatkan puluhan pejabat negara dan konon “menyenggol” keluarga cendana—satu alasan lain, kenapa Hoegeng hanya menjabat tiga tahun saja sebagai Kapolri. Wajar aja Gus Dur pernah mengatakan hanya ada tiga polisi jujur di  Indonesia; patung polisi, polisi tidur dan Hoegeng. Sangat menginspirasi! Kira-kira ada nggak ya sineas yang mau bikin film tentang Hoegeng?

image: http://www.beritakotametro.co.id/



COMMENT
Anonymous - Thu, 19 May 2016 Ini baru namanya pahlawan yang sebenarnya.

Anonymous - Mon, 16 May 2016 Interesting story..



Bagaimana Nasib Pengarang Lagu Garuda Pancasila? ❮ Prev Article
3 Pesan Bung Karno Buat Elo! Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Band I Am Sexy Indo Red/W...
IDR IDR 35.000
Tee Male Garuda Sidline R...
IDR IDR 250.000
Cap Sign Black/Misty/Red
IDR IDR 170.000
Band Signature Dili Misty...
IDR IDR 35.000