streatwear indonesia

Yuk, Tiru Semangat Cinta Budaya Lokal 5 Public Figure Indonesia Ini!

15 Jul 2016

 

Kalau kamu punya kesempatan dan kekuatan berbuat sesuatu untuk Indonesia, kira-kira apa yang bakal kamu lakukan Guys? Btwhonestly kita nggak perlu menjadi bagian dari Avengers supaya bisa menyumbangkan sesuatu untuk Indonesia. Lewat kegiatan, aktivitas bahkan keharian yang ditekuni kita bisa kok memberikan sumbangsih ke negeri tercinta ini. Persis, seperti yang dilakukan public figure Indonesia ini…cekidot!

1. Glenn Fredly

Penyanyi berdarah Ambon ini dalam setiap kesempatan manggung secara tersirat ataupun terang-terangan selalu mengingatkan pendengarnya mengenai daerah asalnya dan nggak bisa menutupi kebanggaan akan darah Ambon yang mengalir di nadinya. Salah satu buktinya adalah proyek film yang dibikinnya bersama Angga Dwimas Sasongko; Cahaya Dari Timur Beta Maluku (2014). Di tahun 2010 Glenn juga ambil bagian dalam pembangunan Rumah Pintar di Nagekeo, Nusa Tenggara Timur. 

 image: http://www.reesays.com/


2. Duo Mira Lesmana & Riri Riza

Wah, kalau duo Mira dan Riri memang udah jaminan film-film yang mengangkat kearifan lokal. Bahkan dalam sebuah wawancara mereka bilang lebih senang mengangkat film dengan latar di luar Jakarta karena Indonesia bukan hanya Jakarta. Beberapa film mereka adalah Laskar Pelangi (2008), Sokola Rimba (2013), Atambua 39 Derajat Celcius (2012) dan Sang Pemimpi (2009). Semangat cinta budaya lokal kita rasakan banget dalam setiap film-filmnya. Udah nonton yang mana, Guys?

image: http://cdn-2.tstatic.net/


3. Nia Zulkarnaen & Ari Sihasale

Lewat Alenia Pictures, rumah produksi yang pasangan ini miliki, keduanya menularkan semangat  cinta budaya lokal. Denias Senandung Di atas Awan (2006), King (2009) dan Di Timur Matahari (2012). Start dari 10 Desember 2014 pasutri ini keliling Papua (25 kabupaten dan ratusan distrik)  selama 80 hari menggunakan mobil dan menggalang dana untuk pembangunan sekolah di Papua.

image: atjehcyber.com

Mereka juga membentuk group vocal Pacenogei yang menyanyikan lagu-lagu dengan tema masa kini tapi dengan logat Papua. Hasil penjualan albumnya juga didonasikan untuk pembangunan sekolah di Papua. Ini cuplikan lagunya, Guys…


4. Viky Sianipar
Viky Sianipar sukses membawakan musik tradisi Batak lewat aransemennya yang lebih modern dan kekinian. Buat anak-anak muda yang akrab dengan Linkin Park dan penggemar musik keras, pasti langsung ngeh dengan aransemen musik tradisi yang dibawakan Viky. Dia juga membuat ost untuk film Bulan Di atas Kuburan yang dimainkan oleh Rio Dewanto dan Atiqah Hasiholan.

image: http://orig10.deviantart.net/

Viky Sianipar juga pernah berkolaborasi dengan Hermann Delago, pria kewarganegaraan Austria yang mencintai musik Batak dan beberapa kali menggelar konser di Eropa dengan menyanyikan lagu-lagu Batak.


5. Daniel Mananta
Tentu aja yang satunya lagi adalah founder kita Daniel Mananta dong! Sejak 2008 setia pada passion-nya untuk menularkan "virus" cinta Indonesia ke anak-anak muda Indonesia lewat fashion clothing Damn! I Love Indonesia. 

SHARE & COMMENT