damniloveindonesia

Ini Budi, Ini Ani, dan Ini Yang Nyiptain


09 Nov 2016

Posted By Damn! I Love Indonesia (Natalya Wijaya)

 

Buat Pop Patriotics yang lahirnya di era tahun 1980 sampai 1990-an atau yang SD-nya di tahun 2000-an pasti familiar banget sama bacaan ini :

Image: https://cdns.klimg.com

Yup, bacaan ini saking hits-nya, hampir ada di setiap buku-buku pelajaran SD dulu sampai akhir bulan Juni 2014 lalu. Kala itu, Menteri Pendidikan Muhammad Nuh (sekarang udah diganti), mutusin buat menghapus kalimat tersebut dari materi pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Walau udah dihapus, kenangan ‘Ini Budi’ pasti masih melekat di hati kita, ya Pop Patriotics. Secara bisa dibilang, D! dan Pop Patriotics tumbuh dengan mempelajari kalimat legendaris tersebut.

Nah, tapi sebenernya Pop Patriotics tau nggak sih siapa sebenernya orang yang nyiptain kalimat ini? Menurut sumber yang D! dapetin (tsaaah...), Siti Rahmani Rauf adalah sosok yang berjasa banget dalam terciptanya model pembelajaran bahasa ini. Nenek yang biasa dipanggil Ani ini nyiptain pembelajaran buku paket atau peraga buat anak kelas 1 SD dengan metode Struktur Analitik Sintetik atau SAS barengan sama beberapa rekannya di tahun 1980-an.

Image: https://img.okezone.com

Ide nyiptain buku paket Bahasa Indonesia ini berangkat dari kegelisahan nenek Ani sama metode pembelajaran yang ada waktu itu. Karenanya, nenek Ani kemudian nulis sebuah buku paket pelajaran belajar membaca yang beda dari yang udah ada. Ide ini bahkan ditulis langsung sama nenek Ani lengkap sama visualisasi gambar, kemudian dikasih ke penerbit buat dicetak secara massal.

Image: https://cdns.klimg.com

Meski kini Nenek Ani nggak ada, tapi kalimat legendaris ‘Ini Budi’ bakal selalu ada di hati kita. Ya nggak, Pop Patriotics? Semoga aja ada lagi tokoh-tokoh yang lebih empati sama dunia pendidikan Indonesia ya, biar sistem pengajarannya lebih baik lagi, dan yang diajar juga jadi semakin baik!



COMMENT


Ada Good di Lagu Bad-nya Young Lex ft. Akwarin Lho ❮ Prev Article
5 Aktor Indonesia ini Pernah Meranin Tokoh Pahlawan Nasional Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Tee Signature Org Logo Gr...
IDR IDR 250.000
Tee Male Garuda Sidline R...
IDR IDR 250.000
Tee The Proclamator Misty...
IDR IDR 265.000
Sticker Sign Damn! Navy H...
IDR IDR 30.000