damniloveindonesia
damniloveindonesia
5 Aktor Indonesia ini Pernah Meranin Tokoh Pahlawan Nasional
10 Nov 2016
Posted By Damn! I Love Indonesia (Natalya Wijaya)
 

Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional yang jatuh di tanggal 10 November ini, D! mau sedikit kilas balik nih. Kali ini ngebahas para aktor yang mendapat kehormatan dan terpilih untuk meranin tokoh pahlawan nasional. Sekalian kita jadi bisa nonton lagi film-film kepahlawanan buat ngebangkitin lagi semangat para tokoh pahlawan nasional ini dalam membela negara kita tercinta, Indonesia.

1. Lukman Sardi sebagai KH Ahmad Dahlan (Sang Pencerah)

Image: http://cdn.metrotvnews.com/

Rasa-rasanya kemampuan akting aktor satu ini nggak perlu diragukan lagi. Dalam film Sang Pencerah, Lukman Sardi meranin Kyai Haji Ahmad Dahlan, pahlawan nasional yang ngebangkitin kesadaran bangsa Indonesia melalui pembaharuan Islam dan pendidikan. Film ini menceritakan tentang sejarah kisah Ahmad Dahlan, perjuangan dan semangat patriotisme anak muda dalam merepresentasikan pemikiran-pemikiran yang dianggap bertentangan dengan pemahaman agama dan budaya pada masa itu dengan latar belakang suasana Kebangkitan Nasional. Nah, buat mendalami perannya, Lukman Sardi sampai riset ke Jogjakarta dan ketemu sama cucunya Ahmad Dahlan.

Image: https://adithiarangga.files.wordpress.com

2. Adipati Dolken sebagai Soedirman (Jenderal Soedirman)

Image: http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com/

Adipati Dolken yang meranin Jenderal Soedirman di film Jenderal Soedirman. Film ini adalah film biopik yang menceritakan tentang seorang jenderal yang menderita penyakit paru-paru dan cuma punya satu paru-paru. Meski sakit berat, Jenderal Soedirman tetep melakukan perjalanan ke arah selatan dan mimpin perang gerilya selama tujuh bulan. Demi mendalami perannya sebagai Panglima Besar Tentara Nasional Indonesia itu, Adipati rela ngehitamin kulitnya dan nurunin berat badan sebanyak 10 kilogram!

Image: http://cdn.klimg.com/

3. Ario Bayu sebagai Soekarno (Soekarno: Indonesia Merdeka)

Image: http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com/

Film ini adalah film drama Indonesia yang menceritakan tentang kehidupan Presiden Soekarno. Ario Bayu dipercaya untuk melakoni peran sebagai Presiden RI pertama, Ir. Soekarno. Tapi sayang, film garapan Hanung Bramantyo ini dapet beragam kritik. Salah satu kritik dateng dari puteri Soekarno, Rachmawati yang nganggep Ario Bayu nggak cocok meranin Soekarno. Malah menurut dia, Anjasmara yang lebih layak. Hmm, menurut Pop Patriotics gimana?

Image: https://guide.pomona.co.id

4. Reza Rahadian sebagai HOS Tjokroaminoto (Guru Bangsa: Tjokroaminoto)

Image: http://image.iyaa.com/

Setelah meranin BJ Habibie di film Habibie dan Ainun, Reza Rahadian kembali dapet peran penting di film biopik yang berjudul Guru Bangsa: Tjokroaminoto sebagai HOS Tjokroaminoto sendiri. Film ini menceritakan tentang biografi tokoh pahlawan nasional Tjokroaminoto yang berjuang lewat organisasi Sarekat Islam, seorang orator ulung yang mampu menyihir ribuan orang dari mimbar pidato. 

Image: http://www.beranda.co.id/

5. Nirwan Dewanto sebagai Albertus Soegijapranata (Soegija)

Image: http://www.sesawi.net/

Di tahun 2012, Nirwan yang selain aktor juga sastrawan, memerankan Uskup Agung Semarang, Albertus Soegijapranata dalam film biopik Soegija yang disutradarai Garin Nugroho. Nirwan terpilih karena ia mirip secara fisik sama Soegijapranata meski Nirwan bukan orang Katolik. Film ini mengisahkan tentang uskup pribumi pertama di Indonesia, Monsinyur Albertus Soegijapranata SJ dari sejak ditahbiskan sampai berakhirnya perang kemerdekaan Indonesia (tahun 1940-1949).

Image: http://www.jagatreview.com/

Itu tadi aktor-aktor yang meranin tokoh pahlawan nasional. Yuk, Guys, kita nonton lagi film-film tentang pahlawan nasional ini. Biar kita jadi terinspirasi dan semangat karena semangat juang mereka juga! Selamat Hari Pahlawan Nasional!



COMMENT


Ini Budi, Ini Ani, dan Ini Yang Nyiptain ❮ Prev Article
Ternyata 5 Artis Ini Keturunan Pahlawan Lho! Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Tee We Are Indo White Mal...
IDR IDR 250.000
Raglan Damn Garuda Navy M...
IDR IDR 275.000
Tee Male Slank Obey Black...
IDR IDR 275.000
Sticker Sign Purple Mediu...
IDR IDR 30.000