streatwear indonesia

Ratu Gudeg Jogja Tutup Usia

15 Nov 2016

 

Kabar duka dateng dari dunia kuliner Indonesia. Pasalnya, ratu gudeg Yu Djum tutup usia. Siapa sih yang nggak kenal sama gudeg paling hits seantero Jogja ini? Rasa-rasanya semua orang Indonesia (dan juga turis asing) yang ke Jogja pernah nyicipin makanan khas kota seniman ini.

Image: http://cdn2.tstatic.net/

Berita ini diketahui dari akun twitter-nya Gudeg Yu Djum (@GudegYuDjum) dengan nama Kuliner Khas Jogja.

Image: www.twitter.com/gudegyudjum

Ibu Djuariah yang terkenal dengan nama Yu Djum, penjual gudeg di jalan Wijilan Nomor 167 Selatan Plengkung, Wijilan, Jogja ini patut dapet julukan legenda kuliner karena udah mulai jualan gudeg saat usia beliau 17 tahun. Bahkan gudeg yang dijualnya jadi ikon kota Jogja.

Image: http://jogjabagus.com/

Selama 71 tahun beliau mengisi hari-harinya buat ngolah makanan tradisional ini. Mengolah nangka dari kawasan Prembun jadi gudeg cokelat kemerahan pakai api kayu bakar di dapur tradisionalnya. Gudegnya yang kering kecokelatan dengan cita rasa manis jadi ciri khas dari Gudeg Yu Djum.

Image: http://kuliner.panduanwisata.id/

Gudeg Yu Djum yang jadi ikon gudeg kota Jogjakarta ini selalu jadi destinasi turis lokal maupun turis asing buat wisata kuliner. Warung gudeg Wijilan ini bisa dibilang nggak pernah tutup. Karena selalu aja banyak orang dateng buat makan di tempat ataupun dibawa pulang. Rasa gudegnya yang manis, gurih, dan tentunya sedap bikin semua orang melahapnya nikmat.

Image: http://gudegyudjumpusat.com/

Kabar meninggalnya Ibu Djuariah ini dapet banyak respon dari netizen, bahkan jadi trending topic di Indonesia. Beberapa penggemarnya ngasih komentar di twitter, seperti Bondan Winarno, salah satu pakar kuliner Indonesia :

Image: www.twitter.com/pakbondan

Selamat jalan Ibu Yu Djum, gudegmu pasti akan jadi warisan kuliner Indonesia yang tak terlupakan.

SHARE & COMMENT