damniloveindonesia

Slamet Rahardjo, Berjuta Prestasi, Berjuta Ilmu Yang Tak Lekang Oleh Waktu


25 Nov 2016

Posted By Damn! I Love Indonesia (Natalya Wijaya)

 

Slamet Rahardjo Djarot atau yang lebih kita kenal dengan panggilan Slamet Rahardjo ini merupakan aktor senior Indonesia (well, siapa sih yang nggak tau beliau?). Sederet prestasi diraihnya. Tapi mungkin ada satu profesi lagi nih yang belum banyak diketahui publik. Kakak kandung dari penata musik dan politik Eros Djarot ini ternyata adalah seorang pengajar lho. Hayooo, yang berasa muridnya absen dulu!

Image: http://www.ikj.ac.id/

Salah satu aktor sekaligus sutradara favorit D! ini merupakan Ketua Pengurus Yayasan Seni Budaya Jakarta dan pengajar program pasca sarjana di Institut Kesenian Jakarta (IKJ) Fakultas Film dan Televisi dengan mata kuliah Penyutradaraan II dan Penyutradaraan Pemain. Nggak cuma itu beliau juga masih aktif di Teater Populer nerusin perjuangan mendiang Teguh Karya. Waaahh...

Image: https://i.ytimg.com

Dikutip dari Kompas.com, Slamet mengaku punya banyak kenangan dengan lembaga akademis yang ngebentuk jalan hidupnya sebagai seorang seniman. “Saya pikir dulu teater norak banget, saya ngerasa teater bukan cabang seni. Tapi di TV dulu ada aktor yang mainin karakter Anton Chekhov, orang itu Teguh Karya, dia salah satu dosen di IKJ. Saya di situ yakin teater cabang seni,” begitu kata beliau.

Image: http://i0.wp.com/

“Akhirnya saya belajar dengan membaca semua buku. Setelah sekian tahun kemudian, saya dibawa masuk kedalam kelas, murid saya Bambang Supriyadi. Saya disuruh ngajar tanpa silabus yang saya tau, tanpa kurikulum yang saya tau, tapi inilah kelebihan Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta (sebelum jadi IKJ), disitu nggak ada SKS,” lanjutnya.

Image: http://www.bengrahadian.com/

Wah, seru banget ya, Pop Patriotics! Membagi ilmu sesuai pengalamannya, jadi lebih semangat buat belajar. Semoga dengan artikel ini, kita semua anak muda jadi terinspirasi ya, Pop Patriotics. Makin banyak pengalaman yang kita dapet, makin banyak lagi ilmu yang bisa kita bagikan. Terus berkarya, Om Slamet! Terus menginspirasi!

Image: http://images.malesbanget.com/



COMMENT


Ini Dia 3 Top Scorer Timnas Indonesia di Piala AFF ❮ Prev Article
2 Perempuan Indonesia Masuk Daftar 100 Wanita Menginspirasi Versi BBC Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Tee 1945 Pride White Fema...
IDR IDR 280.000
Sticker Sign Damn! Blue S...
IDR IDR 15.000
Tee We Are Indo White Mal...
IDR IDR 250.000
Trackpants Line Sign Blac...
IDR IDR 349.000