streatwear indonesia

Google Doodle Hari Ini..... Pramoedya Ananta Toer!

06 Feb 2017

 

Semua yang suka sastra dan pecinta baca novel Indonesia pasti tau siapa Pramoedya Ananta Toer ini. Well, nggak suka sastra atau baca novel juga harusnya tau sih. Terkenal gitu karya-karyanya. Meski beliau udah nggak ada, tapi karya-karyanya masih ada di hati semua orang. Kata-kata yang dirangkai jadi kalimat indah dan novel bisa jadi quotes to live by-nya kita-kita.

Image: http://profilbos.com/

Nah, hari ini merupakan hari ulang tahun Pramoedya Ananta Toer yang ke-92. Google pun nggak ketinggalan ngasih apresiasi buat hari lahirnya dengan menampilkan Google Doodle. Kalau Pop Patriotics lagi buka lamannya Google Indonesia, bisa liat ada doodle gambar Pramoedya lagi ngetik pake mesin ketik. So classy!

Damn! juga nggak mau ah ketinggalan memperingati hari lahirnya penulis favorit Damn! ini. Berikut ada 12 kutipan terkenal dari beliau yang bisa jadi inspirasi!

1. “Berterimakasihlah pada segala yang memberi kehidupan”. – Bumi Manusia (1980)

Udah berterima kasih belum setiap hari sama Sang Pencipta?

2. “Kehidupan ini seimbang, Tuan. Barangsiapa hanya memandang pada keceriaannya saja, dia orang gila. Barangsiapa memandang pada penderitaannya saja, dia sakit.” – Anak Semua Bangsa (1981)

3. “Saya selalu percaya dan ini lebih merupakan sesuatu yang mistis, bahwa hari esok akan lebih baik dari hari sekarang”.

Image: https://widiynews.com

4. “Dalam hidup kita, cuma satu yang kita punya, yaitu keberanian. Kalau tidak punya itu, lantas apa harga hidup kita ini?”.

5. “Kalau mati, dengan berani; kalau hidup, dengan berani. Kalau keberanian tidak ada, itulah sebabnya setiap bangsa asing bisa jajah kita”.

6. “Apakah kesejahteraan hidup sama dengan kebusukan buat orang lain?” - Larasati (2000)

7. “Barang siapa tidak berani dia tidak bakal menang. Itulah semboyanku! Maju!” - Panggil Aku Kartini Saja (1962)

8. “Kau terpelajar, cobalah bersedia pada kata hati”. – Bumi Manusia (1980)

Image: https://upload.wikimedia.org

9. “Hidup sungguh sangat sederhana. Yang hebat-hebat hanya tafsirannya”. – Rumah Kaca (1988)

10. “Yang harus malu itu mereka karena mereka takut untuk bekerja. Kau kan kerja. Kau tidak boleh malu. Mereka yang harus malu, tidak berani kerja. Semua orang bekerja, itu adalah mulia. Yang tidak bekerja tidak punya kemuliaan.” – Saya Ingin Lihat Semua Ini Berakhir (2008)

11. “Masa terbaik dalam hidup seseorang adalah masa ia dapat menggunakan kebebasan yang telah direbutnya sendiri”. – Jejak Langkah (1985)

12. “Dahulu, nenek moyangmu selalu mengajarkan, tidak ada yang lebih sederhana daripada hidup: lahir, makan-minum, tumbuh, beranak-pinak, dan berbuat kebajikan”. – Bunda, 65.


Gimana Pop Patriotics? Bagus dan menginspirasi ‘kan? Sangat instagrammable quote banget! Sekali lagi, Selamat Ulang Tahun, Pram. Tulisanmu abadi di hati dan pikiran kami...

SHARE & COMMENT