streatwear indonesia

Kenalan Sama Ardian Syaf Yuk!

27 Feb 2017

 

Dari luar, tetangga pada nyangkanya pemuda asal Tulungagung, Jawa Timur ini pengangguran. Padahal mah, karya-karya doi udah diakui dunia! Yup, Ardian Syaf atau biasa disapa Aan ini merupakan komikus yang bikin tokoh komik superhero legendaris kayak Batman dan Superman! Penasaran gimana ceritanya? Yuk, intip!

Image: http://berita.suaramerdeka.com

Image: https://indonesiaproud.files.wordpress.com

Pop Patriotics inget nggak sama majalah Bobo? Majalah yang hits di zaman-zaman kita SD... Nah, pas masih SD, ayahnya Aan suka beliin majalah Bobo dan komik buat Aan, sampai suatu ketika, Aan jatuh hati sama komik karena TTS (Teka-Teki Silang) yang doi kirimin ke redaksi majalah Bobo, dan doi dapet hadiah komik! Mulai dari situlah, Aan kecil punya cita-cita buat jadi seorang komikus. Abis lulus SMA, Aan pun kuliah ngambil jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual) di Universitas Negeri Malang. Ini nih baru yang namanya ngejar cita-cita, ya Pop Patriotics!

Image: http://1.bp.blogspot.com

Awalnya, pilihan Aan buat masuk DKV ini diraguin sama kedua orangtuanya. Apalagi pas doi lulus kuliah di tahun 2004, belum juga dapet panggilan kerja meski udah masukkin lamaran dimana-mana. Nggak menyerah, Aan dikasihtau sama kerabatnya buat bikin akun di digitalwebbing.com. Tapi udah dua tahun jadi anggota, panggilan kerja dengan tawaran yang pantas belum juga didapet.

Kemudian, Aan mulai karir sebagai penciller (kayak ilustrator gitu) tanpa bayaran. Doi sempet juga dapet kerjaan dengan honor US$25 per halaman komik, dan itu merupakan harga yang sangat menyedihkan buat seorang penciller. Singkat cerita, Aan akhirnya dapet kerjaan di koran lokal dan sebuah penerbit buku pelajaran sebagai layouter.

 

Image: http://cdn.fansided.com

Nggak berhenti sampe disitu, di tahun 2007 Aan dapet tawaran dari Dabel Brothers Publishing sebagai penciller buat komik Dresden Files: Welcome to the Jungle. Nah dari situ, karya-karya Aan mulai dilirik publisher dunia, ada Marvel dan DC Comics lho! Aan juga dipercaya jadi penciller komik Superman, Batman, Wonder Woman, Batgirl, sampai Green Lantern dalam berbagai seri.


Image: http://orig11.deviantart.net

Keberhasilannya nggak bikin Aan lupa sama Tanah Air. Terbukti, di beberapa komik yang ada karyanya, doi selalu ngasih nuansa Indonesia. Kayak di komik Batgirl #1 yang latar cerita di Jakarta beserta gambar Jokowi dan Ahok. Ada juga landmark Jakarta, Monas di Gotham City, kepulauan Indonesia di Green Lantern, burung Garuda di komik Earth 2: World’s End #1.


Image: https://s-media-cache-ak0.pinimg.com

Tapi tau nggak sih, Pop Patriotics? Tetangga-tetangganya Aan itu ngirain Aan ini pengangguran, karena diliat kok nggak pernah keluar ke kantor gitu. Padahal ‘kan kerjanya Aan ini nggak memerlukan doi buat keluar terus. Semoga dengan artikel ini, tetangga-tetangganya pada tau ya! Hihihi...

SHARE & COMMENT