Warning: getimagesize(https://damniloveindonesia.com/image/catalog/globalUpload/opening_tongseng_resize.jpg): failed to open stream: Redirection limit reached, aborting in C:\Inetpub\vhosts\damniloveindonesia.com\httpdocs\catalog\view\theme\default\template\common\header.tpl on line 311
streatwear indonesia

Seng Oseng Oseng, Inilah Sejarah Tongseng!

03 Oct 2016

 

Awalnya, bangsa kita belum gitu familiar sama yang namanya daging kambing. Nah abad ke-18 sampai 19 Masehi, datenglah bangsa Arab dan India buat dagang di Indonesia. Bukan cuma perdagangan aja, tapi juga pertukaran budaya, agama, serta kuliner! Saudagar dari Timur Tengah ‘kan doyan banget makan daging kambing, ditularin deh ke penduduk lokal.

image: http://resephariini.com/

Mula-mulanya mereka ngenalin sate kambing yang inspirasinya dari kebab. Kedua, gulai. Gulai ini isinya daging dan jeroan serta tulang yang nggak dipakai di sate dan ditambahin bumbu dan santan. Nah, karena orang Indonesia sukanya berinovasi, mereka pun tertantang (duh tertantang bahasanya) buat bikin masakan dengan daging kambing tapi versi lain.

image: https://upload.wikimedia.org

Jeng jeng... Dengan mengoseng daging kambing bersama kecap, aneka bumbu iris kayak cabe rawit, pake kuah gulai, dikasih irisan tomat dan kol biar lebih seger dan nggak mirip sop daging, terciptalah... Tongseng! Seng dari tongseng diambil dari kata oseng-oseng atau tumis. Rasanya gurih dan begitu disantap, bikin lidah berdendang! Nggak heran kalau tongseng ini jadi salah satu andalan wisata kuliner nusantara! Sluurrrppp...

image: https://luqmantifaperwira.files.wordpress.com

Hidangan tongseng menuai popularitasnya di tahun 60an waktu Mbah Jumiran, warga asli Klego berjualan sate dan tongseng. Beliau jugalah yang jadi perintis rumah makan tongseng di Jakarta dan berhasil jadi inspirasi orang lain buat berjualan tongseng. Apresiasi terhadap sajian ini ditunjukkin sama pemerintah setempat dengan membuat Patung Sate Tongseng. Monumen ini berupa patung tokoh pewayangan dan pikulan tongsengnya. Patung Semar berpose ngacungin jempol dan Gareng yang lagi megangin piring dan satenya. Tugu ini dibuat dengan iuran warga lho!

image: https://pbs.twimg.com



Diolah dari berbagai sumber

SHARE & COMMENT