Tetep Enjoy Selama Perayaan Nyepi di Bali? Bisa Dong!

27 Mar 2017

 

Masyarakat Hindu di Indonesia sebentar lagi bakal merayakan Hari Raya Nyepi. Hari dimana masyarakat Bali, yang mayoritasnya beragama Hindu bakal stay di dalam rumah selama sehari buat refleksi diri, meninggalkan sejenak segala rutinitas, termasuk bekerja dan having fun, dalam keheningan. Selama Hari Raya, kita dilarang buat melakukan segala aktivitas, termasuk jalan kaki ke minimarket terdekat.


Image: http://www.tipsindonesia.com/

Nah tapi gimana tuh kalau liburan Pop Patriotics di Bali berbarengan sama Hari Raya Nyepi? Ya tentu sebagai turis yang baik mesti mengikuti tradisi dan peraturan yang ada dong. Nih Damn! punya beberapa tips biar bisa santai di Bali selama perayaan Nyepi :

1. Pastikan jadwal keberangkatanmu sehari sebelum atau sesudah Perayaan Nyepi

Dan pastiin juga kalau kamu mengambil jadwal kedatangan di pagi hari dan keberangkatan di sore hari. Karena di Hari Raya Nyepi, bandara nggak beroperasi. Jadi nggak bakal ada flight atau kegiatan penerbangan seharian. Kalau sehari sebelumnya, biasanya bandara tutup jam 3 atau 4 sore.


Image: http://assets.kompas.com

2. Pahami peraturan ‘Catur Brata Penyepian’

Ini merupakan peraturan yang wajib banget dipatuhi sama masyarakat Hindu selama Nyepi. Peraturan itu antara lain, Amati Karya (nggak kerja), Amati Lelungan (nggak diperbolehkan buat jalan-jalan/keluar rumah), Amati Geni (nggak diperbolehkan nyalain api/nyalain lampu) dan Amati Lelanguan (nggak boleh bersenang-senang). Buat masyarakat yang bukan pemeluk agama Hindu dan turis, diharapkan bisa memahami dan menaati semua aturan tersebut.


Image: https://hindutrimurjo.files.wordpress.com

3. Pahami kalau Nyepi itu selama 24 jam

Hari Raya Nyepi diperingati selama 24 jam, diawali langsung pas cahaya pertama menerangi bumi, kira-kira jam 6 pagi. Baru kemudian peraturan Catur Brata Penyepian berlaku sampai matahari terbit lagi di hari selanjutnya. Pastiin Pop Patriotics yang berada di Bali menaati semua peraturan ya, karena ada penjaga tradisional Bali, known as pecalang, yang ngejagain setiap sudut di Bali. Pecalang ini dihormatin banget sama orang-orang Bali lho, Guys.


Image: http://metrobali.com

4. Stay di hotel selama Nyepi

Selama Nyepi, Pop Patriotics harus ‘tahan’ buat berdiam diri di dalam hotel, karena dilarang buat jalan-jalan di luar. Jadi ya lupain dulu rencana buat mantai atau makan siang di pinggir pantai, you just can’t go anywhere. Tapi buat Pop Patriotics yang di hotel tetep bisa nyalain lampu dan melakukan aktivitas di area hotel, kayak berenang, nge-gym, dll.

5. Nggak boleh berisik

Sebagai turis (yang baik), Pop Patriotics masih diperbolehkan buat bersenang-senang di area hotel, kayak nonton TV dan dengerin musik. Tapi pastiin suaranya nggak berisik dan mengganggu ketenangan, ya.

6. Cahaya cuma boleh di dalam ruangan

Pop Patriotics boleh nyalain cahaya (maksudnya lampu) di dalam kamar hotel, tapi pastiin tirai jendelanya tertutup, ya. Kalau Pop Patriotics stay di hotel berbalkoni, ya jangan nyalain lampu balkonnya.

7. “Min, gimana kalau lagi Hari Raya Nyepi ada yang jatuh sakit?”

Nah ini penting nih. Kalo Pop Patriotics ngerasa nggak enak badan dan butuh ke dokter, Pop Patriotics bisa langsung ke resepsionis hotel dan mereka bakal nelpon rumah sakit terdekat. Nanti ambulans bakal dateng dan jemput Pop Patriotics ke rumah sakit. Mobil ambulans cuma satu-satunya kendaraan yang boleh beroperasi di jalan selama Nyepi.

8. Stok makanan!

Ini juga penting! Hehehe... Stok makanan kalian sekurang-kurangnya sehari sebelum Nyepi. Karena Pop Patriotics nggak bisa beli apa-apa selama Hari Raya. Pastiin aja stok makanan, minuman, snacks, mulai dari sarapan sampai makan malam terpenuhi selama Hari Raya Nyepi. Atau kalau tinggal di hotel tanyain aja ada meal package nggak selama Hari Raya.


Nah itu tadi Pop Patriotics beberapa tips buat kalian yang lagi liburan di Bali dan sekalian Nyepi. Nggak usah lah ganti-ganti jadwal liburan. Kalian masih bisa tetep enjoying Bali kok dan bisa juga pakai Day of Silence ini sebagai kesempatan buat relaksasi dan meditasi. Enjoy Bali!

SHARE & COMMENT