damniloveindonesia
damniloveindonesia
10 Film Indonesia Yang Bertemakan Nasionalisme
30 Mar 2017
Posted By Damn! I Love Indonesia (Natalya Wijaya)
 

Memperingati Hari Film Nasional yang jatuh tepat di hari ini, 30 Maret, Damn! mau sekalian #throwbackthursday ah ke film-film nasional yang membangkitkan rasa nasionalisme kamu. Ada apa ajaCheck ‘em out!

1. Garuda di Dadaku

Nggak cuma filmnya aja yang hits, soundtrack-nya juga selalu disenandungkan tiap Indonesia ikut lomba apa aja. Dari sepak bola sampai bulu tangkis. “Garuda di dadaku... Garuda kebanggaanku... Ku yakin hari ini pasti menang...”

Film ini nyeritain tentang Bayu yang selalu bermimpi bisa jadi pemain sepak bola handal. Film ini sangat inspiratif sih Pop Patriotics, nyeritain perjuangan seorang anak yang pengen mengejar cita-citanya.


Image: http://1.bp.blogspot.com

2. Tanah Air Beta

Ari Sihasale merupakan sutradara sekaligus produser yang ahli banget deh menggarap film bertema nasionalisme yang mengangkat perjuangan anak Indonesia dalam menggapai mimpi. Kalau film ini nyeritain tentang kakak-beradik Mauro dan Merry yang harus terpisah karena Timor-Timur pisah dari Indonesia. Nilai nasionalismenya kuat banget pas Tatiana (ibu Mauro dan Merry) memilih mengungsi ke Kupang, karena tetep mau jadi bagian dari Indonesia. Tapi harus berpisah sama anak laki-lakinya, Mauro.


Image: http://www.indonesianfilmcenter.com

3. Trilogi Merdeka

Film trilogi garapan Yadi Sugandi ini berlatar belakang sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia di tahun 1947. Film sejarah yang menceritakan perjuangan. Tuh kurang nasionalis apa lagi?


Image: http://breaktime.co.id

4. 3 Srikandi

Film arahan Iman Brotoseno ini terinspirasi dari kisah nyata tiga atlet panahan Indonesia yang mendapat medali perak di Olimpiade Seoul 1988 dan merupakan medali Olimpiade pertama Indonesia. Diceritain juga gimana perjuangan 3 Srikandi ini dalam mengharumkan nama bangsa.


Image: http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com

5. King

Film ini menceritakan tentang perjuangan Guntur, seorang anak yang idolanya adalah Liem Swie King, juara dunia bulu tangkis. Guntur kemudian berjuang dan latihan keras buat dapetin beasiswa bulu tangkis demi cita-citanya jadi juara dunia dan mengharumkan nama Indonesia seperti Liem Swie King.


Image: https://upload.wikimedia.org

6. Laskar Pelangi

Film yang diangkat dari novel dengan judul sama karya Andrea Hirata, film ini nyeritain tentang persahabatan anak-anak di Belitung yang meski hidup di tempat terpencil, mereka nggak mudah menyerah buat terus belajar dan punya semangat hidup.


Image: http://www.indonesia.hu

7. Minggu Pagi di Victoria Park

Kalau film ini bercerita tentang nasib TKW (Tenaga Kerja Wanita) di Hong Kong. Judulnya ya merujuk pada tradisi para TKW Indonesia yang sering ngumpul di Victoria Park saling berbagi cerita. Nggak banyak film yang mengangkat kisah hidup TKW, yang nyatanya sering dapet perlakuaan diskriminatif dan nggak layak, ada yang dari negaranya sendiri. Padahal TKW ini ‘kan bisa dibilang salah satu sumber devisa terbesar buat negara. Dari film ini kita bisa belajar banyak dan merenungkan banyak hal.


Image: http://lianamaku.com

8. Denias

Nah kalau ini film yang diangkat dari kisah nyata anak Papua. Film garapan John de Rantau di tahun 2006 ini menceritakan tentang Denias, anak suku pedalaman Papua yang pengen mendapat pendidikan yang layak. Di film ini Pop Patriotics bisa liat cantiknya alam Papua nan indah, yang pada saat itu masih jaraaaang banget terekspos media.


Image: https://indonesianscreen.files.wordpress.com

9. Habibie-Ainun

Dari film ini, banyak yang bisa kita pelajari terutama dari sosok Habibie. Walau film ini romantis, tapi ada satu sikap dimana Habibie begitu tegas dalam menomorsatukan kepentingan negara. Menolak suap, bahkan sampai memilih kembali ke Indonesia meski udah mapan di negeri orang. Sifat yang bisa diteladani lainnya adalah kerja keras beliau yang sampai larut tanpa ngeluh, dan demi kemajuan negara!


Image: https://4.bp.blogspot.com

10. Gie

Film garapan Riri Riza ini diangkat dari kisah hidup aktivis muda yang bernama Seo Hok Gie. Gie yang merupakan mahasiswa Fakultas Sastra Universitas Indonesia keturunan Tionghoa. Seo Hok Gie dikenal punya pendirian teguh, idealis, dan memegang prinsip. Di film yang diperanin sama si ganteng Nicholas Saputra, Seo Hok Gie ini seorang yang pengen banget Indonesia berdiri dengan keadilan dan keberanian murni.


Image: http://3.bp.blogspot.com


Itu tadi Guys film nasional yang bisa membangkitkan rasa nasionalisme kalian! Film favorit kalian yang mana nih?



COMMENT


Tetep Enjoy Selama Perayaan Nyepi di Bali? Bisa Dong! ❮ Prev Article
Nggak Cuma Ditakuti Dunia, 5 Pasukan Elite Indonesia Ini Juga Mematikan! Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Polo Female Merdeka Black...
IDR IDR 279.000
Tee Generation Of Freedom...
IDR IDR 250.000
Tee Atletik 45 Black Fema...
IDR IDR 280.000
Tee Potrait Proclamator W...
IDR IDR 265.000