damniloveindonesia

Nggak Cuma Ditakuti Dunia, 5 Pasukan Elite Indonesia Ini Juga Mematikan!


07 Apr 2017

Posted By Damn! I Love Indonesia (Natalya Wijaya)

 

Siapa sih yang nggak tau dan menyegani kemampuan Komando Pasukan Khusus atau Kopassus Indonesia? Pasukan yang udah dikenal dunia dan punya pengalaman bertempur sama pasukan elite Inggris, Special Air Service (SAS) di pedalaman Kalimantan sampai pembebasan sandera. Selain nama besar Kopassus, masih banyak pasukan elite yang berada di bawah kendali ketiga matra TNI. Berikut Damn! udah merangkum lima pasukan elite Indonesia yang ditakuti dunia. Check these awesome men out!


Image: http://i26.photobucket.com

1. Batalyon Raiders Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD)

Ide membentuk batalyon ini datang dari Kepala Staf TNI AD Jenderal Ryamizard Ryacudu yang kemudian ngebentuk pasukan elite di seluruh Komando Daerah Militer (Kodam). Jadi deh Jenderal Ryamizard ningkatin kualifikasi sepuluh pasukan infanteri reguler menjadi Raiders. Sebagian personel Raiders kemudian dilatih kemampuan anti-teror di Pusdik Passus milik Kopassus. Kemampuan pasukan ini ya sebagai anti-teroris buat pertempuran jarak dekat, melawan gerilya dengan mobilitas tinggi dan melakukan pertempuran-pertempuran yang berlanjut. Yang bikin wow lagi, kemampuan pasukan-pasukan ini tiga kali pasukan infanteri biasa lho!


Image: https://cdns.klimg.com

2. Batalyon Intai Amfibi

Atau disebut juga YonTaifib ini merupakan satuan elite Korps Marinir. Dulunya satuan ini dikenal dengan nama Komando Intai Para Amfibi atau Kipam. Nah buat jadi bagian dari satuan ini, setiap calon anggota harus memenuhi syarat mental, fisik, kesehatan, dan udah dinas aktif minimal selama dua tahun. Kalau udah lulus seleksi awal, latihan awalnya berenang dalam kondisi tangan dan kaki yang terikat, sejauh 3 kilometer.


Image: https://3.bp.blogspot.com


Image: https://2.bp.blogspot.com


Image: http://3.bp.blogspot.com

3. Detasemen Jala Mangkara

Atau disingkat Denjaka ini merupakan pasukan elite dibawah garis komando Marinir TNI Angkatan Laut. Mereka yang udah jadi bagian dari Denjaka ini udah ngejalanin pelatihan yang super berat. Gimana nggak berat, setiap tahunnya cuma 50 orang yang lulus dari berbagai latihan! Nggak cuma fisik aja yang mesti prima, tapi kecerdasan masing-masing anggota juga harus tinggi. Kenapa? Karena pasukan ini sering ditugasin buat melakukan penyusupan di daerah operasi secara individu dan kelompok.

 

Image: https://i1.wp.com


Image: http://www.bhayangkarautama.com

4. Peleton Intai Tempur

Nah kalau pasukan elite yang disingkai Tontainpur ini merupakan pasukan elite yang berada di bawah Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat atau Kostrad. Walau anggotanya diambil dari kesatuan di bawah Kostrad, tapi nggak semuanya bisa bagian dari pasukan ini. Para prajurit ini nggak cuma dilatih buat menguasai kemampuan darat aja, tapi juga laut dan udara. Semua latihan dilakukan di markas-markas pasukan elite yang dimiliki sama TNI, yaitu latihan tempur di Gunung Sangga Buana, latihan intelijen atau Sandha di Pusdik Passus, latihan teknik tempur bawah air di Satuan Pasukan Katak Armada RI Kawasan Barat dan latihan aplikasi berganda di Situ Lembang. Hmm... Banyak ya latihannya!


Image: https://4.bp.blogspot.com


Image: https://3.bp.blogspot.com

5. Satuan Bravo 90 (Sat Bravo-90)

Satuan Bravo 90 ini dibentuk di tahun 1990 di Markas Korps Pasukan Khas TNI Angkatan Udara, Margahayu Bandung. Karena “lahir” dari TNI AU, pasukan ini punya spesialisasi anti-teror udara. Pasukan Bravo ini diseleksi dari anggota Korps Pasukan Khas TNI AU yang udah nyelesain pendidikan terjun dan komando. Cuma mereka yang lulusan terbaik bisa bergabing di pasukan ini.


Image: https://1.bp.blogspot.com




COMMENT


10 Film Indonesia Yang Bertemakan Nasionalisme ❮ Prev Article
Bertahun-tahun Tinggal di Jakarta Tapi Belum Pernah Liat Wajah Patung Pancoran? Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Sticker Sign Turqoise Med...
IDR IDR 30.000
Tee Signature Black HD Wh...
IDR IDR 220.000
Cap Sign Black/Misty/Red
IDR IDR 170.000
Hoodie Male Longitude Cir...
IDR IDR 349.000