Ohhh... Ini Toh Kepanjangan Makanan-Makanan Indonesia Ini!

12 Apr 2017

 

Negara kita ini kayaaaa banget, Guys! Salah satunya ya kaya akan wisata kulinernya. Udah banyak begitu, suka disingkat-singkat pula namanya! Kreatif-kreatif ‘kan orang Indonesia? Ya walaupun disingkat-singkat, rasanya tetep enak. Suka penasaran nggak sih Guys sama kepanjangannya? Nih Damn! kasihtauuu...

1. Es Doger

Hayooo... Siapa yang di sini kalau lagi terik-terik suka mampir beli Es Doger? (mimin angkat tangan :P). Jajanan es satu yang berbahan dasar susu dan parutan kelapa, ditambah topping ketan hitam, potongan alpukat, roti tawar, pacar cina, tapai, kacang, susu kental manis, dan meses ini namanya Es Doger dengan kepanjangannya (ternyata) adalah Es DOrong GERobak. Gituuu....


Image: http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com

 

Image: http://2.bp.blogspot.com

2. Ketoprak

Kalau makanan satu ini suka Damn! cari malem-malem. Hihihi... Asal-usul nama Ketoprak ini emang nggak diketahui jelas sih darimana. Tapi ternyata nama Ketoprak ini berupa singkatan dari KEtupat, TOge, digePRAK.


Image: https://pbs.twimg.com

3. Bakso Cuanki

Nah ini awalnya Damn! kira nama merk baksonya. Ternyata cuanki ini sejenis bakso lengkap pakai tahu dan mie yang dijual pedagang keliling. Makanya dinamakan Cuanki = Cari Uang jalAN kaKI.


Image: http://cfcdn4.azsg.opensnap.com


Image: https://lesmanaindra.files.wordpress.com

4. Comro

Ini nih kudapan favorit Damn! Pagi, siang, sore, nyarinya Comro! Makanan yang terbuat dari parutan singkong yang isinya sambal oncom yang kemudian digoreng. Itulah alasan dinamain Comro juga, yang kepanjangannya onCOM dijeRO, yang artinya oncom di dalam. Begituuu...


Image: http://masakanlezat.com

5. Batagor

Ini nih salah satu jajanan yang wajib ada di sekolahan. Nggak cuma anak kecil, orang dewasa juga suka! Batagor ini isinya bakso dan tahu goreng, makanya disebut Batagor yang kepanjangannya BAkso dan TAhu GOReng.


Image: http://papasemar.com

6. Cimol

Ini juga suka kita liat nih di sekolah-sekolah, Cimol. Jajanan ini dibuat dari tepung kanji dan bentuknya bulet-buletDinamain Cimol karena kepanjangan dari aCI digemOL atau aCI sa ceMOL.


Image: https://img-global.cpcdn.com

7. Colenak

Kudapan yang terbuat dari tapai singkong yang dibakar ini punya cita rasa manis di bagian luar. Nah kalau dicocol pakai gula jawa cair yang dicampur parutan kelapa, baru deh terasa sensasi manis yang enak-enak gurih. Makanya dinamain Colenak karena kepanjangannya dicoCOL ENAK...


Image: http://bandung.panduanwisata.id

8. Misro

Misro ini sodaraan Guys sama Comro. Sama-sama berbahan dasar singkong. Nah kalau Comro punya “kejutan” asin di dalam, Misro ini “kejutan” manis didalam. Dinamain Misro karena dalam bahasa Sunda, Amis berarti manis, yang berasal dari gula jawa yang jadi isiannya. Makanya namanya Misro, aMIS di jeRO.


Image: https://scontent-lga3-1.cdninstagram.com

9. Cilok

Nah ini juga sodaranya Cimol. Sama-sama terbuat dari tepung kanji dan bentuknya bulet-bulet. Bedanya Cilok ini disajikan dengan cara ditusuk. Jadi deh namanya Cilok. aCI dicoLOK.


Image: https://lh3.googleusercontent.com

10. Gehu Gedas

Ini juga kudapan yang nggak kalah enak, Guys. Namanya Gehu, alias toGE dan taHU. Ya disebut juga tahu isi sih. Hehehe... Ada juga yang namanya Gedas, atau Gehu Pedas. Ya tahu isi aja tapi pedes.


Image: https://2.bp.blogspot.com


Itu dia Guys sepuluh kepanjangan dari makanan-makanan ini. Ada lagi nggak Guys singkatan makanan lain dari daerah kalian? Share ya!

SHARE & COMMENT