damniloveindonesia

Ternyata Eh Ternyata, Senjata Tradisional Paling Mematikan di Dunia Ada di... Indonesia!


17 Apr 2017

Posted By Damn! I Love Indonesia (Natalya Wijaya)

 

Guys, udah pada nonton film Merantau yang dibintangi sama aktor ganteng, Iko Uwais?


Nah buat yang udah, inget nggak sama scene-scene awal pas Iko, yang memainkan peran Yuda lagi latihan Silek (Silat) Harimau, seni beladiri dari ranah Minang di kawasan Lembah Harau yang mendunia itu? Di adegan itu, Yuda terlihat lagi memegang sebuah senjata tangan yang kecil dan ternyata, itu adalah senjata tradisional paling mematikan di dunia!

Namanya Kerambit atau Karambit, merupakan pisau genggam kecil berbentuk melengkung dari Indonesia (tapi ada juga di Malaysia dan Filipina), yang kalau di ranah Minangnya sendiri disebut Kurambiak atau Karambiak.


Image: http://www.suratkabar.id

Kenapa senjata ini mematikan? Karena kabarnya, senjata ini bisa dipakai buat menyayat dan merobek anggota tubuh lawan secara cepat tanpa bisa terdeteksi sebelumnya.

Berdasarkan sejarah tertulis, seperti Damn! kutip dari Wikipedia, senjata ini asalnya dari Minangkabau, yang kemudian dibawa sama para perantau Minangkabau berabad-abad lalu dan nyebar deh ke berbagai wilayah, kayak Jawa, Semenanjung Melayu, dan lain-lain. 


Image: http://2.bp.blogspot.com

Kalau menurut cerita rakyat, bentuk Kerambit ini terinspirasi dari cakar harimau yang emang banyak keliaran di hutan Sumatera pas zamannya. Senjata, pada awalnya kalau di sebagian besar kawasan Nusantara, merupakan alat pertanian yang dirancang buat menyapu akar, ngumpulin batang padi, dan alat pengerikan padi. Tapi beda sama Kerambit, senjata ini sengaja dirancang lebih melengkung kayak kuku harimau, setelah ngeliat harimau bertarung pakai cakarnya. Hal ini sejalan sama falsafah Minangkabau yang bunyinya, “alam takambang jadi guru,”.


Image: https://upload.wikimedia.org

Jadi, tentara di Indonesia itu dipersenjatai dengan keris di pinggang dan tombak di tangan mereka. Nah Kerambit ini dipakai buat upaya terakhir pas senjata lain habis atau hilang dalam pertempuran. Kerambit ini jantan banget, Guys. Karena dipakai dalam pertarungan jarak pendek yang ngandalin keberanian dan keahlian bela diri, tentunya. Nah para pendekar silat Minang, khususnya yang beraliran silat harimau ini mahir menggunakan senjata ini.


Image: http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com

Saat ini, Kerambit merupakan salah satu senjata utama silat dan umumnya dipakai buat seni bela diri. Makin populer seni bela diri Pencak Silat, makin populer juga senjata ini. Beberapa perusahaan besar di Amerika Serikat pun memproduksi pisau Kerambit ini dalam jumlah banyak. Pelopor penggunaan Kerambit ini adalah Steve Tarani yang punya dasar Kerambit dari Silat Cimande Sunda.


Image: https://stevetarani.com

National Geographic Channel bahkan pernah menyebut kalau Kerambit ini adalah pisau tempur paling berbahaya dan mematikan di dunia. Nih videonya, tapi JANGAN DITIRU ya Guys.


Itu tadi Guys, sekilas tentang Kerambit. Hiii... Ukuran boleh kecil ya, tapi ternyata... Mematikan!



COMMENT


Filosofi Batik Megamendung Yang Mendung Bangeeet... ❮ Prev Article
10 Profesi Ini Cuma Ada di Indonesia! Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Tee Sign Black HD White M...
IDR IDR 220.000
Tee Signature Sansakerta ...
IDR IDR 230.000
SS Raglan Female Line Sig...
IDR IDR 275.000
Tee Signature Sta Green H...
IDR IDR 230.000