damniloveindonesia

Semangat Kartini Yang Bisa Kita Teladani


21 Apr 2017

Posted By Damn! I Love Indonesia (Natalya Wijaya)

 

Masih dalam semangat Hari Kartini, Damn! yang udah bikin artikel tentang 10 Fakta Menarik Kartini mau lanjut lagi nih ngebahas semangatnya Kartini. Nah, di artikel ini, Damn! mau bagi-bagi semangat Kartini yang bisa banget dicontoh sama perempuan era sekarang. Millennials gitchuuu... Apa aja? Check ‘em out!

 

Image: http://cdn.gogirlmagz.com

1. Hormat sama orangtua

Sosok Kartini meskipun bandel, tapi beliau selalu hormat sama orangtuanya. Salah satunya adalah menaati permintaan sang ayah, dimana anak perempuan nggak perlu sekolah tinggi-tinggi. Meski nggak setuju sama permintaan itu, Kartini tetep menghormati permintaan ayahnya. Beliau nggak ngambek apalagi sampai kabur dari rumah. Malahan mencari cara lain bagaimana biar bisa tetep mendapat ilmu, salah satunya dengan rajin membaca dan bersurat dengan sahabat-sahabatnya.


Image: https://id.bookmyshow.com

Nah, Pop Patriotics, kalau lagi selisih pendapat sama orangtua masih pada suka ngambek-ngambek nggak tuh?

2. Sederhana dan nggak sombong

Kartini sangat terkenal dengan kesederhanannya. Walaupun dari keluarga bangsawan, beliau nggak tinggi hati dan memperlihatkan kekuasaannya. Malahan beliau mau diperlakukan seperti rakyat biasa di kehidupan sosialnya. Sepertinya anak zaman sekarang boleh banget mencontoh sifat Kartini yang sederhana tapi bersahaja ini.


Image: http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com

3. Berani

Kartini terkenal banget sama pergerakan nasionalnya, bagaimana beliau sangat menyuarakan kesetaraan gender, dimana beliau yakin kalau perempuan bisa mendapat hak yang sama dengan laki-laki, namun tetap menghormatinya. Kartini yakin, selama berada di jalur yang benar dan nggak melakukan perbuatan tercela, kita harus memperjuangkan keinginan kita. Makanya, Kartini nggak terpengaruh tuh sama orang-orang yang berpendapat bahwa perempuan itu nggak boleh belajar. Beliau tetep belajar, bahkan bisa mendirikan sekolah!


Image: https://id.bookmyshow.com

Pada tau juga dong, kalau Kartini aja berani nulis surat ke pemerintah Hindia Belanda dan minta agar bahasa Melayu dan Belanda sama-sama ada di kurikulum pendidikan masa itu?

4. Penyayang

Kartini pernah mengatakan ke Nyonya Abendanon, sahabat penanya di Belanda, kalau ia akan selalu mengasihi anak-anak didiknya. Nah, sifat ini juga boleh banget dicontoh, Guys. Selalu mengasihi orang-orang di sekitar dan peka sama orang-orang yang membutuhkan pertolongan.


Image: http://sidomi.com

5. Rajin

Hampir mirip sama nomor satu sih, Guys. Walau nggak sekolah, Kartini nggak lantas jadi males. Beliau tetep berusaha biar dia bisa pintar dan berwawasan luas, lewat buku-buku dan surat kabar. Ini juga sifat yang bisa dicontoh.


Image: https://id.bookmyshow.com

6. Optimis

Meski banyak hal yang menghalangi cita-citanya, Kartini nggak menyerah, malahan selalu berpikir positif. Ia tetep memperjuangkan hak perempuan untuk memperoleh pendidikan yang sama merata. Ya buat Pop Patriotics, kalau punya cita-cita jangan ragu untuk menggapainya, ya. Selalu inget aja, “habis gelap, terbitlah terang,”.


Image: https://id.bookmyshow.com

7. Memberi perubahan yang baik

Nah ini. Kartini berani melakukan “gebrakan” baru tapi ke arah yang lebih baik. Tentu baik! Sekarang, perempuan-perempuan di Indonesia bisa bekerja dan mengenyam pendidikan sampai ke jenjang tertinggi, karena Kartini. Beliau berani menghapus segala stigma tentang perempuan yang memiliki derajat dibawah laki-laki dan menjadikannya setara!


Image: https://id.bookmyshow.com

Itu tadi Guys, 7 hal yang bisa kita contoh dan teladani dari R.A. Kartini. Pop Patriotics ada nggak nih sifat Kartini lain yang kalian suka dan patut dicontoh? Share sama Damn! ya!



COMMENT


10 Profesi Ini Cuma Ada di Indonesia! ❮ Prev Article
Masih Ingatkah Kita Dengan Makna Tut Wuri Handayani? Next Article ❯
RELATED POST
SHOP THE PRODUCTS
Tee Signature Patch D! Re...
IDR IDR 220.000
Cap Beanie Damn! Signatur...
IDR IDR 120.000
Sticker Sign Damn! Blue L...
IDR IDR 35.000
Tee Hit Doodle Red Male
IDR IDR 265.000